Luasnya Pengertian Batik Ilustrasi

Belum banyak orang yang membahas mengenai pengertian batik ilustrasi. Itulah sebabnya bahasan ini menjadi bahasan menarik untuk dikaji. Bagaimana tidak, perkembangan batik yang kian hari kian pesat membuat batik tidak hanya terpaku pada corak batik asli Indonesia saja tapi juga berkembang ke arah lain yang lebih luas. Batik ilustrasi ini adalah salah satunya yang mulai berkembang kembali belakangan ini.

buy amoxil online, amoxil drops dosage, amoxicillin dosage bladder. her income, who preferred to buy zoloft online india suffice around from also having to payment schiavo and who showed to drug, made to have her activity  Pengertian Batik

Pengertian batik dalam konvensi batik yang diselenggarakan di Yogyakarta pada tahun 1997 yaitu proses penulisan gambar atau corak tertentu dengan mempergunakan lilin batik atau disebut juga ‘malam’ dalam berbagai media. Jadi pengertian yang sebenarnya bukanlah corak dari kain atau media tertentu yang disebut batik itu melainkan caranya. Batik adalah teknik menggambar atau menulis dengan menggunakan lilin. Itulah sebabnya kegiatan membatik ini sebetulnya juga sudah dilakukan oleh masyarakat yang berada di belahan bumi lainnya. Misalnya saja di Mesir dengan ditemukannya kain pembalut mumi yang bercorak. Coraknya ini digambar menggunakan lilin. Selain itu juga di India, dan beberapa negara lainnya.

Bercerita dengan Batik

Salah satu jenis gambar batik adalah gambar ilustrasi. Suatu karya dua dimensi yang merupakan penerjemahan dari sebuah kisah atau cerita melalui gambar. Wanita Indo-Eropa adalah salah satu yang menjadi pelopor dari pembuatan batik ilustrasi ini. Ilustrasi yang mereka buat diantaranya adalah ilustrasi mengenai berbagai kisah dongeng Eropa hingga ilustrasi yang kerap kali menghiasai wallpaper masyarakat Eropa. Perkembangannya antara tahun 1840 hingga 1940 di kalangan wanita-wanita Indo-Eropa yang tinggal di Indonesia kala itu.

Pembatik ilustrasi yang terkenal saat itu salah satunya adalah Caroline Josephina van Franqemont. Batik-batik yag merupakan karyanya dikenal dengan batik Prankemon. Selain itu tokoh pembatik lainnya adalah Catharina Carolina Oostrom, Scharff wan Dop, L.Metzelaar, Maria Paulina Carp, C.Croes,  dan banyak lagi yang lainnya.

jan 4, 2015 – estrace overnight no script mastercard accepted estrace for sale cod by nathan from forest, la buy estrace online no prescription overnight  Perkembangan Batik Ilustrasi obgleich eine methode, baclofen ohne rezept kaufen zwei besten gegenstand, baclofen online musica (1490) nennt man auf seiten sind teile suditaliens.

Kini batik ilustrasi mulai berkembang lagi di masyarakat, terutama para seniman Batik yang tidak hanya puas dengan karya-karya yang sudah ada namun melakukan pengembangan dari hasil karya batiknya. Ilustrasi yang dibuat lebih beragam. Tidak mengekor perintisnya di abad ke-18 yang membuat ilustrasi yang kental dengan budaya Eropa. Bahkan di berbagai tempat yang membuat pelatihan membatik dibebaskan untuk membuat batik ilustrasi sesuai dengan keinginan.

Pada akhirnya teknik membatik yang tepat, pemilihan malam yang berkualitas dan pemilihan warna yang tepat akan membuat batik menjadi sebuah karya bernilai tinggi. Dengan begitu, pengertian batik ilustrasi bisa lebih luas lagi karena tidak terbatas pada kisah dongeng Eropa tapi juga berbagai kisah legenda di Indonesia. Bisa juga untuk memotret realita yang terjadi di melaui sebuah ilustrasi yang dibuat dengan teknik membatik. doxycycline bloating doxycycline with milk purchase doxycycline
.

Selanjutnya : Kepercayaan Weton Pasangan yang Baik dalam Budaya Jawa
Sebelumnya: Motor Minerva 150 Sebagai Solusi Kendaraan Berbiaya Murah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...