Unsur dan Pengertian Berita


Banyak sekali pengertian berita,salah satunya, berita adalah sajian informasi tentang suatu kejadian yang baru berlangsung  atau kejadian yang sedang terjadi.

Penyajian berita dapat dilakukan melalui informasi berantai dari mulut ke mulut atau secara langsung. Ada juga yang menggunakan media, baik media cetak seperti koran dan majalah, maupun media elektronik seperti televisi, radio dan internet.

Ada dua orang yang berperan penting dalam penyampaian berita di media. Mereka adalah wartawan dan pembaca berita. Yang bertugas mencari berita disebut wartawan, dan orang yang menyampaikan berita disebut pembaca berita (news anchor) atau  presenter.

Berita yang disiarkan tentu saja memberikan informasi kepada pembaca atau pendengarnya. Berita yang diudarakan oleh stasiun TV atau stasiun radio memiliki waktu tertentu dalam penayangannya bahkan ada beberapa stasiun tv dan radio yang khusus menyiarkan berita sepanjang hari.

5W+1H

Dalam pembuatan berita tentu saja ada unsur-unsur yang perlu diperhatikan. Biasanya, unsur-unsur ini dikenal dengan 5W+ 1H sebagai berikut.

  • What (‘apa’), peristiwa apa yang sedang berlangsung dan dapat dikemas menjadi berita,
  • Who (‘siapa’), sasaran yang menjadi objek suatu peristiwa atau kejadian,
  • When (‘kapan’), kapan waktunya berlangsung suatu kejadian,
  • Where (‘di mana’), merujuk kepada tempat atau lokasi kejadian,
  • Why (‘kenapa’), tentu saja suatu peristiwa yang terjadi ada alasan atau sebabnya, maka dari itu pencari berita harus mengetahui mengapa suatu peristiwa bisa terjadi, dan
  • How (‘bagaimana’), bagaimana proses terjadinya suatu peristiwa atau biasanya disebut dengan kronologi dari sebelum hingga setelah usai kejadian atau peristiwa.

Jenis Berita

Berita langsung (straight news), yakni berita yang dikemas dengan singkat, jelas dan lugas. Berita ini banyak disajikan oleh media televisi yang dapat meliput langsung suatu peristiwa.

Berita investigasi yakni berita yang diulas secara lengkap dan berasal dari fakta yang ada di lapangan. Berita ini dibuat dengan melakukan penelitian kepada narasumber yang terpercaya.

Berita Opini adalah berita yang berisi pendapat orang tertentu mengenai masalah yang terjadi baik dari pakar ataupun masyarakat umum. Terkadang, berita ini juga disertai dengan layanan interaktif.

Demikian sedikit informasi mengenai pengertian berita, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Selanjutnya : Binatang Rakus Shio Ramalan dari Negara Cina
Sebelumnya: Kisah Nabi Sulaiman AS dan Ratu Saba
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar