Pengertian Bimbingan dan Konseling serta Kata Kuncinya

Pengertian bimbingan dan konseling memang cukup banyak. Setiap ahli di bidang bimbingan konseling atau psikologi memiliki definisi yang sedikit berbeda antara satu dengan yang lainnya. Walau begitu, ada beberapa kata kunci yang disepakati mengenai bimbingan dan konseling.

Pengertian Bimbingan

Untuk memahami pengertian bimbingan dan konseling, kita perlu mengetahui makna kata di dalamnya. Pertama kita perlu mengetahui apa itu bimbingan. Salah satu ahli menyebutkan bahwa bimbingan adalah bantuan yang diberikan pada peserta didik. Bantuan ini diberikan agar peserta didik bisa mengembangkan diri secara maksimal dengan potensi yang dimiliki. Peserta didik dibantu untuk memahami diri sendiri, memahami lingkungan, serta bisa mengatasi hambatan yang mungkin muncul dikemudian hari.

Bimbingan tidak hanya diberikan pada anak-anak atau remaja, namun juga kepada orang dewasa. Bimbingan bagi orang dewasa bertujuan sama, yaitu untuk mengetahui kekuatan individu, sehingga bisa mengembangkan kemampuan diri secara mandiri dengan sarana dan nilai yang ada. Bimbingan memang banyak diberikan pada orang yang sedang mengalami kesulitan atau diusahakan untuk terhindar dari kesulitan hidup.

Pengertian Konseling

Setelah mengetahui pengertian bimbingan maka kita perlu paham arti konseling. Konseling merupakan interaksi antar dua pihak. Pihak pertama adalah konselor dan pihak lainnya adalah konseli. Konseli merupakan pihak yang dibantu oleh konselor untuk memahami diri sendiri, keadaan diri, serta apa saja kemungkinan akan terjadi di masa depan. Konseling dilakukan untuk memecahkan masalah yang ada atau mungkin cara untuk mengetahui kekuatan dari dalam diri. Konseling dilakukan oleh seorang konselor terlatih dengan konseli sebagai klien. Interaksi dalam konseling dilakukan secara personal, walaupun kadang dilakukan lebih dari dua orang.

Pengertian Bimbingan dan Konseling

Setelah mengetahui makna kata di dalamnya maka kita bisa lebih memahami arti bimbingan dan konseling. Bimbingan konseling merupakan sebuah sesi interaksi dan wawancara antara seorang konselor dan individu untuk memecahkan suatu masalah dengan segala potensi yang dimiliki. Individu yang menjadi seorang konseli diharapkan lebih memahami kekuatan dan kelemahan diri, sehingga bisa mengembangkan kemampuan menjadi lebih maksimal.

Definisi atau pengertian bimbingan konseling memang ada beberapa. Namun ada kata-kata kunci yang bisa dicermati di dalam pengertian bimbingan dan konseling. Kata-kata kunci itu adalah bantuan, memecahkan masalah, konselor yang terlatih, individu yang butuh dibantu, dan kemampuan diri.

Loading...
Selanjutnya : Tentang Luka Sifilis
Sebelumnya: Ekspor Impor Pir yang Menguntungkan Negara Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar