Pengertian Budaya Menurut Koentjaraningrat


Budaya secara umum merupakan pikiran, alat budi, dan juga adat istiadat. Arti kebudayaan bisa diturunkan dari kata ini. Kita bisa mengartikan kebudayaan sebagai segala hal yang berhubungan dengan akal budi dan pikiran manusia yang membentuk adat istiadat.

Pengertian Budaya

Pengertian budaya menurut Koentjaraningrat juga tidak jauh berbeda.

budaya

Melalui pengertian ini, kita bisa menelaah beberapa hal, yaitu:

1. Kebudayaan akan selalu berhubungan dengan manusia. Hal ini adalah kepastian karena kebudayaan sendiri berasal dari manusia. Manusia memiliki pikiran dan perasaan yang akhirnya memunculkan tindakan dan juga karya. Hasil karya dan tindakan manusia ini menjadi bagian dari pengertian kebudayaan.

2. Manusia selalu bagian dari masyarakat. Dengan melihat hal ini, maka kebudayaan juga harus berhubungan dengan masyarakat. Hasil tindakan dan juga karya ini akan menjadi budaya jika telah diaplikasikan dalam masyrakat.

3. Budaya harus melalui proses pembelajaran. Proses ini sering berlangsung secara panjang dan turun menurun. Pikiran, rasa, dan pengalaman manusia kan mengoreksi budaya yang telah diciptakan leluhurnya. Kebudayaan yang dilestasikan akan selalu diuji dengan perkembangan pengetahuan yang diterima oleh manusia dan masyarakat.

Kebudayaan merupakan kekayaan dari manusia yang harus dilestarikan. Hal ini dikarenakan kebudayaan memuat kearifan lokal yang belum tentu terdeteksi oleh teknologi modern. Kearifan lokal ini juga dipakai untuk mengerem tindakan manusia yang sering terlampai batas. Akal dan pikiran manusia yang berkembang seringkali tidak diimbangi pengendalian diri yang baik.

Perkembangan teknologi memang harus diiringi dengan budaya dan kearifan lokal. Jika tidak, maka teknologi hanya akan menyusahkan manusia. Karena itu, pengujian terhadap budaya lokal haruslah secara menyeluruh, memakai pendekatan kualitatif yang peka dengan tidak mengabaikan mitos dan norma sekitar.

Kearifan yang demikian akan selalu lolos dalam seleksi alam dan waktu karena manusia memang membutuhkannya. Kalau kearifan itu tidak dipertahankan, yang akan terjadi adalah masuknya budaya baru yang dianggap lebih mudah diterapkan.

Masalahnya adalah ketika budaya yang mudah itu malah merugikan. Inilah yang akan membuat perubahan mengarah ke hal yang kurang baik.

Selanjutnya : Jurusan Teknik Penerbangan Pesawat Udara Curug
Sebelumnya: Pertimbangan Harga Kursi Teras Besi untuk Rumah Minimalis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar