Pengertian Bunga Begonia


Pengertian bunga Begonia adalah salah satu jenis tanaman berbunga keluarga dari Begoniceae. Tanaman ini termasuk tanaman tahunan. Hal ini dikarenakan karang bunganya berwarna putih, merah muda, merah menyala, atau kuning. Selain itu begonia memiliki banyak daun yang menarik.

Salah satu keunikan dari tanaman begonia adalah bentuk daunnya yang tidak simetris. Sebagai tanaman hias, bunga begonia belum terlalu populer di Indonesia. Walau begitu tanaman ini ternyata cukup terkenal di penjuru dunia.
Tanaman ini banyak tumbuh liar di habitat yang berair seperti di daerah sekitar sungai atau air terjun. Diperkirakan ada sekitar 1.600 jenis bunga begonia.

Tanaman ini bisa tumbuh di kawasan tropis maupun subtropis. Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 200 jenis dari tanaman ini. Di Indonesia, begonia liar banyak tumbuh di hutan tropis basah pada dataran rendah sampai pegunungan dengan tinggi 2.400 meter di atas permukaan laut.

Kebun Raya Bali merupakan salah satu tempat yang memiliki koleksi bunga begonia terlengkap di dunia.  Dari 313 koleksi yang dimiliki, ada sekitar 100 begonia alam dan 213 begonia eksotis hasil dari persilangan. Persilangan ini dilakukan agar menghasilkan jenis begonia baru dengan penampilan fisik yang lebih menarik dan daya tahan yang lebih kuat.

Selain indah, tanaman begonia juga ternyata memiliki potensi menjadi tanaman obat. Beberapa penyakit yang memungkinkan untuk disembuhkan adalah demam dan juga penyakit sipilis. Selain itu begonia juga diperkirakan bisa menjadi obat pencahar atau obat sakit perut. Begonia glabra berguna untuk menyembuhkan luka baru. Hal ini dikarenakan daun, bunga, dan batangnya mengandung saponin.

Begonia baliensis Girmansyah bisa menjadi obat herbal untuk melegakan tenggorokkan dan menghilangkan batuk. Begonia fimbristipula bisa dipakai untuk menurunkan panas, demam, obat batuk, dan obat sakit ketika datang bulan. Jenis ini juga bisa diolah sebagai minuman segar seperti teh pahit di Cina. Selain sebagai obat, begonia juga bisa dikonsumsi harian. Begonia multalunga dan begonia robusta yang sering disebut hariang, bisa dipakai pengganti asam untuk masakan sayur.

Selanjutnya : Cara Penanggulangan Pencemaran Air Sungai
Sebelumnya: Pengertian Dan Dampak Positif Iklim
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar