Mengenal Pengertian Busung Lapar


Ada beberapa pengertian busung lapar yang bisa kita ketahui, umumnya busung lapar merupakan kondisi kesehatan seseorang (banyak terjadi pada anak-anak dan balita) yang mengalami kekurangan gizi (gizi buruk) yang parah. Seseorang yang mengalami busung lapar terutama dikarenakan dirinya tidak mendapatkan asupan makanan bergizi yang cukup.

Busung Lapar

Makanan bergizi memiliki peranan penting bagi kesehatan serta kehidupan seseorang. Di dalam makanan bergizi terkandung energi, protein, serta zat-zat makanan lainnya yang dibutukan oleh tubuh seseorang untuk melakukan berbagai kegiatan, menjaga kesehatan, dan mencegah busung lapar itu sendiri.

Penyebab busung lapar pada anak-anak dan balita di antaranya, pemberian ASI yang tidak sesuai anjuran atau tidak mendapatkan ASI sama sekali, kurangnya atau bahkan tidak adanya asupan makanan bergizi, kondisi lingkungan yang tidak sehat, serta beberapa penyebab lainnya.

Semua penyebab tersebut bisa berakhir dengan timbulnya busung lapar pada anak-anak dan balita. Sebenarnya busung lapar bisa dicegah dengan melakukan kebalikan dari penyebab busung lapar yaitu memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan berlanjut sampai usia anak 2 tahun dengan diberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI), pemberian makanan dengan gizi yang cukup, dan menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal agar tetap bersih dan terjaga kesehatannya.

Busung lapar sendiri memiliki ciri-ciri umum yang bisa menjadi pegangan orang tua untuk memantau kondisi kesehatan anak-anaknya. Ciri-ciri tersebut di antaranya bisa dilihat dari ukuran LILA (lingkar lengan atas) yang biasanya kurang dari 14 cm, perut membesar, wajah menjadi terlihat bengkak, tidak memiliki nafsu makan, mengalami diare, mengalami anemia, rewel, perubahan warna pada rambut menjadi merah, serta beberapa ciri lainnya.

Ciri-ciri tersebut perlu diwaspadai oleh setiap orang tua dan segera memeriksakannya pada dokter. Penanganan masalah busung lapar tidak saja ada pada tangan orang tua dan masyarakat tetapi juga harus ada peran serta pemerintah untuk bisa memenuhi kesejahteraan masyarakat sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tidak mampu untuk memberikan makanan bergizi serta lingkungan yang sehat bagi anak-anaknya.

Mengenal pengertian busung lapar akan lebih baik jika juga mengenal ciri-ciri, penyebab, serta cara pencegahannya. Mengurangi jumlah anak busung lapar berarti memberikan harapan serta masa depan yang lebih baik bagi mereka.

Selanjutnya : Soal-soal Segitiga dalam Trigonometri yang Susah
Sebelumnya: Kultur yang Demokratis dan Struktur Sosial Politik di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar