Pengertian dan Manfaat Unsur Ekstrinsik dalam Cerpen


Pengertian dan manfaat unsur ekstrinsik dalam cerpen harus dipahami sebelum kita memasukkan unsur ekstrinsik dalam cerpen yang akan dibuat. Sebuah cerita, apa pun bentuknya, cerpen, cerbung, atau novel, memerlukan unsur intrinsik dan ekstrinsik. Apa yang dimaksud dengan unsur intriksik dan ekstrinsik dalam cerpen? Kita akan mengulasnya secara singkat dalam tulisan berikut ini.

Sebuah cerita pendek atau cerpen akan memiliki makna dan terasa hidup jika didukung oleh unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerita. Bisa dipastikan bahwa setiap cerita pasti punya unsur intrinsik dan ekstrinsik. Hanya unsur intrinsik saja tidak mungkin. Demikian pula sebaliknya. Kedua unsur yang harus ada dalam cerpen ini saling mendukung untuk menguraikan cerita yang menarik dan memikat hati pembaca.

Pengertian Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen

Unsur intrinsik dan ekstrinsik harus ada dalam sebuah cerita pendek atau cerpen. Kita tidak bisa hanya mengerti dan memahami unsur ekstrinsik, tetapi juga unsur intrinsiknya. Apa yang disebut dengan unsur intrinsik dalam sebuah cerita pendek atau cerpen? Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun sebuah cerita dari dalam, seperti judul, tema, penokohan, karakter, latar atau setting, serta plot cerita atau alur atau jalan cerita.

Yang dimaksud dengan unsur ekstrinsik adalah unsur yang membangun dari luar cerita, seperti nilai-nilai yang dianut oleh penulis, sudut pandang penulis, asumsi penulis, budaya, agama, moral, dan sosial yang akan digunakan atau dimasukkan ke dalam cerita. Unsur ekstrinsik bisa kita temukan dalam bentuk gaya penulisan atau gaya penuturan penulis dan pola pikir yang tergambar dalam plot cerita yang dibangun oleh penulis.

Manfaat Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen

Pembahasan mengenai pengertian dan manfaat unsur ekstrinsik dalam cerpen rasanya kurang lengkap jika tidak disertai dengan ulasan tentang manfaat unsur ekstrinsik dan intrinsik. Sebenarnya, berdasarkan pengertian di atas, bisa dilihat letak manfaat kedua unsur penting dalam cerita pendek atau cerpen. Apa saja manfaatnya kedua unsur tersebut? Kita lihat uraian berikut.

  • Membentuk karakter cerita yang kuat dan akurat.
  • Mampu menunjukkan kejelasan isi cerita, berdasarkan dari dua sudut pandang, yaitu penulis sendiri dan imajinasinya.
  • Membuat kerangka cerita yang utuh dan lengkap.
  • Mampu menghidupkan jalan cerita manakala cerita mulai mengalami antiklimaks.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian dan manfaat unsur ekstrinsik dalam cerpen yang kurang lengkap tanpa disertai dengan unsur intrinsik. Kedua unsur ini harus ada dalam cerita pendek atau cerpen. Hal ini penting untuk membuat sebuah cerita yang utuh dan lengkap serta memikat hati pembaca. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Pengertian Bakteri Gram Negatif
Sebelumnya: Film Barat Terbaru dan Terlaris
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar