Pengertian dan Tujuan Lompat Jauh


Cabang olahraga lompat jauh memang tidak begitu populer di masyarakat. Lompat jauh kalah populer jika dibandingkan dengan sepak bola yang bergi merakyat. Artikel ini akan membahas pengertian dan tujuan lompat jauh.

Pengertian Lompat Jauh
Lompat jauh adalah jenis cabang olahraga atletik. Pada cabang olahraga itu, seorang atlet harus dapat mendarat sejauh jarak yang telah ditentukan. Dengan kata lain, lompat jauh merupakan cabang olahraga yang dilakukan dengan melakukan lompatan sejauh-jauhnya. Jadi, dalam lompat jauh ini, kita harus dapat melompat sejauh mungkin. Semakin jauh lompatan kita, maka kita akan mendapat nilai yang semakin tinggi dalam cabang olahraga ini.

Karena itu, atlet lompat jauh memnag dituntut untuk memiliki kaki yang kuat agar mampu menumpu pada jarak yang tepat. Dalam lompat jauh, biasanya, jauh dekatnya jarak lompatan bergantung pada ancang-ancang atau awalan saat berlari. Lompat jauh diawali dengan berlari. Jarak lari sudah ditentukan. Ketika sudah sampai di garis atau papan lompatan, atlet harus melompat sejauh mungkin dari papan atau garis tersebut.

Jauhnya jarak yang ditempuh oleh altlet lompat jauh diukur mulai papan atau garis pertama lompatan hingga pijakan atau tumpuan saat kaki menyentuh tanah. Karena itu, atlet lompat jauh harus mempunyai kecepatan, kekuatan, kelenturan, ketepatan, dan daya tahan yang kuat agar dapat melompat sejauh mungkin.

Tujuan Lompat Jauh
Tujuan lompat jauh adalah melompat sejauh mungkin dari titik tertentu menuju ke titik berikutnya. Agar bisa melompat sejauh mungkin, para atlet harus berlari secepat-cepatnya. Kemudian, atlet menolak, melayang di udara, dan akhirnya mendarat dengan kaki. Agar dapat melompat sejauh mungkin, maka atlet harus dapat melayang di udara. Ada tiga cara gaya melayang di udara. Ketiganya adalah:

1.    Gaya jongkok
Gaya jongkok merupakan salah satu gaya yang dapat dilakukan saat atlet melayang di udara. Gaya jongkok dilakukan dengan sikap jongkok saat melayang.

2.    Gaya lenting
Pada gaya lenting, saat kita melayang di udara, posisi badan dilentingkan atau digantungkan. Cara ini biasanya dilakukan untuk mencapai lompatan sejauh mungkin.

3.    Gaya berjalan di udara
Gaya berjalan di uadra ini dapat dilakukan saat kita melayang di udara. Saat melakukan gaya ini, kaki kita bergerak selayaknya tengah berjalan di udara.
Demikianlah pengertian dan tujuan lompat jauh yang dapat dipaparkan. Semoga, artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

Selanjutnya : Ucapan Ulang Tahun untuk Orang yang Lebih Tua
Sebelumnya: Wanita Misterius di Tugu Monas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar