Pengertian dari Peradaban Manusia

Pengertian dari peradaban manusia adalah suatu tatanan kehidupan yang dibuat agar adanya keteraturan. Pada masa Mesir kuno, peradaban manusia itu telah terlihat. Hal ini dibuktikan dengan tulisan-tulisan yang menggambarkan bahwa mereka telah berkomunikasi dengan tulisan dan gambar. Begitu juga dengan peradaban bangsa Cina. Bangsa ini telah mempunyai peradaban ribuan tahun silam. Bukti-buktinya begitu banyak termasuk barang pecah belah dan tulisan awal tentang bagaimana menata hidup di dunia.

Peradaban yang Baik

Pengertian dari peradaban manusia yang baik adalah ketika masing-masing manusia menghargai dan menghormati keberadaan orang lain, mahluk lain, dan lingkungannya dengan baik. Pada saat bangsa Romawi melakukan pertandingan manusia melawan singa, apa yang dikatakan sebagai permainan itu, bukan suatu peradaban yang baik. Inilah bentuk pelecehan dan perbudakan.

Dalam suatu peradaban ada keteraturan karena adanya ketentuan peraturan yang membuat sistem yang berlaku kepada semua orang. Pada masa zaman Rasulullah, itulah peradaban manusia yang terbaik. Semua berdasarkan hukum yang telah ditetapkan oleh Allah Swt. Ada Rasulullah yang menjadi contoh bagi semua manusia yang ada pada saat itu.

Sebenarnya manusia sekarang pun hendaknya meniru dan mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Rasulullah. Hanya saja, godaan dan tatanan baru yang dianggap sebagai perdaban modern telah mengubah banyak hal. Manusia kian jauh dari contoh bagaimana menjadi beradab seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Peradaban Modern

Saat ini dikatakan bahwa dunia memasuki peradaban modern. Tetapi tampaknya manusia kian jauh dari tatanan kehidupan yang saling menghargai. Padangan hidup semakin mengarah hanya di dunia saja. Perbuatan kriminal, memgambil hak orang lain, menghina, bahkan menghilangkan nyawa orang lain, telah dianggap sebagai sesuatu yang biasa. Hati manusia sudah tidak lagi berpikir untuk hidup bagi akhiratnya.

Jika hal ini dibiarkan terus, maka peradaban yang sekarang ini akan menjadi peradaban terburuk. Diakhir zaman ketika kiamat kian dekat, tidak akan ada lagi manusia yang baik. Tampaknya saat ini telah mengarah ke sana. Perzinaan semakin terbuka. Orang tidak ada rasa malu lagi melakukan perbuatan mesum. Mereka malah ingin ada orang lain yang melihatnya.

Membeberkan aib karena berzina pun bukan masalah besar bagi sebagian orang. Tidak ada lagi rasa malu. Dosa tidak dianggap sebagai sesuatu yang membebani hati. Tampaknya pengertian dari peradaban manusia itu kian bergeser. Manusia semakin tidak peduli dengan peradaban. Akhirnya manusia akan menghancurkan peradabannya sendiri.

Selanjutnya : Cara Berpikir Anak Indigo
Sebelumnya: Berbagai Macam Cara Membuat Kerajinan dari Kertas Bekas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading