Pengertian, Dasar Hukum dan Macam-macam Muamalah

Pengertian, dasar hukum dan macam-macam muamalah berikut sebenarnya merupakan salah satu kajian ilmu fiqh. Ilmu fiqh sendiri adalah ilmu yang menerangkan tentang penerapan syari’at Islam lewat dalil-dalil yang terperinci.

Sumber dalil yang dimaksud adalah Al-Qur’an dan Al Hadist. Dengan demikian fiqh bisa juga diartikan sebagai ilmu yang menerangkan segala sesuatu dalam kehidupan yang bersumber pada Al-Qur’an dan Al Hadist.

Berdasarkan uraian di atas, pengertian, dasar hukum dan macam-macam muamalah sangat berkaitan dengan penerapan syariat Islam yang bersumber pada Al-Qur’an dan Al Hadist. Formulasi dari semua sumber hukum Islam tersebut adalah hukum amaliyah yangdiamalkan oleh umatnya.

Pengertian Muamalah

Muamalah atau muamalat berasal dari kata amala-yu amilimu’amalatan. Kata tersebut berarti saling bertindak, berbuat dan saling beramal. Dalam pengertian sempit muamalah diartikan sebagai hubungan manusia dengan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan jasmani dengan cara baik seperti tukar-menukar barang atau sesuatu yang bermanfaat dan melalui cara yang telah ditentukan.

Sedangkan dalam arti luas, muamalah adalah aturan Allah dalam kehidupan bermasyarakat yang harus diikuti dan ditaati untuk menjaga kepentingan manusia. Singkatnya, muamalah adalah segala bentuk peraturan Allah yang harus digunakan dan dipatuhi oleh manusia dalam hubungannya dengan manusia lain dan lingkungannya.

Sumber Hukum Muamalah

Dalam praktiknya, muamalah didasarkan atas dua sumber huum utama yang berupa dalil naqli (Al-Qur’an dan Al Hadist) dan dalil aqli yang berupa akal atau pemikiran yang didapat melalui ijtihad. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa sumber hukum muamallah terdiri dari al quran, al hadist dan ijtihad.

Sumber hukum tersebut pada penerapannya didasarkan pada prinsip akidah Islam yang menjunjung tinggi nilai-nilai humanisme. Beberapa akidah dasar dalam muamalah adalah:

1. Muamalah untuk kemaslahatan umat

2. Menghindari eksploitasi

3. Tabligh, sidhiq, amanah dan fatonah seperti sifar rasulullah

4. Memberi toleransi dan menghindari unsur paksaan

Macam-macam Muamalah

Macam muamallah sebenarnya sangat banyak, terlebih jika mengikuti pengertian muamalah secara luas. Berikut adalah beberapa contoh muamalah

1. Jual beli, yaitu menukarkan sesuatu dengan sesuatu dan dengan cara tertentu.

2. Khiyar, yaitu hak untuk menentukan pilihan meneruskan atau membatalkan terhadap barang yang akan dijual atau dibeli.

3. Asuransi yang merupakan perjanjian pertanggungan bersama antara 2 orang atau lebih.

4. Tabungan, yaitu menyimpan uang secara berangsur-angsur pada lembaga keuangan.

5. Dan seterusnya

Informasi mengenai muamalah ini semoga menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Resep Makanan Anjing Buatan Sendiri
Sebelumnya: Memilih Menu Makan Udang untuk Sarapan Pagi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...