Pengertian Data Kualitatif dan Kuantitatif


Tahukah Anda pengertian data kualitatif dan kuantitatif? Dalam metode penelitian terdapat dua buah data yang dijadikan dasar atas hipotesis atau kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan. Kedua data yang dimaksud adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Dari kedua data tersebut terdapat perbedaan mengenai sifat, fungsi dan cara pengumpulan data nya. Begitu pula dengan pengertiannya, pengertian data kualitatif pastilah berbeda dengan pengertian data kuantitatif.

Data kualitatif adalah data yang berbentuk kalimat verbal. Maksudnya data kualitatif memberikan informasi mengenai suatu keadaan melalui pernyataan atau kata-kata, tidak berbentuk nominal. Data kuantitatif adalah kebalikan dari data kualitatif, yakni data yang menggambarkan suatu informasi atau keadaan dalam wujud angka-angka.

Penelitian dengan menggunakan data kualitatif merupakan penelitian yang tidak dapat memperoleh data secara langsung. Memperoleh data ini harus melalui proses, misalnya data yang menunjukkan mutu atau kualitas dari suatu keadaan, maka data-data tersebut tersaji dalam bentuk kata-kata setelah melalui proses pengamatan. Atau pengumpulan data mengenai tingkat kejujuran siswa pada saat ujian, data bersangkutan dapat diperoleh setelah melalui proses tanya jawab atau penyebaran angket.

Penelitian yang menggunakan data kuantitatif dapat dengan langsung memperoleh data yang dibutuhkan. Jika pun dibutuhkan proses, proses pengumpulan data kuantitatif sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu. Contohnya data mengenai besar gaji buruh pada suatu pabrik, data dapat dengan mudah diperoleh pada bagian personalia perusahaan bersangkutan. Atau misalnya data mngenai jumlah penduduk Indonesia usia kerja pada tahun berjalan, memperoleh data ini dapat menggunakan rumus sederhana  dengan mengacu pada data-data yang telah ada pada tahun sebelumnya.

Cara pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif tidak banyak perbedaan, cara pengumpulan data kualitatif lebih beragam, seperti observasi, wawancara, analisis dokumen, diskusi serta transkip atau catatan selama dilapangan.
Demikianlah pengertian data kualitatif dan data kuantitatif. Dalam sebuah penelitian keberadaan serta kombinasi dari kedua data ini tidak dapat dihapuskan, karena data adalah titik mula sebuah penelitian, juga sebagai tolak ukur relevansi hasil atau juga hipotesa dari penelitian yang telah dilakukan.

Selanjutnya : Tips Barang Baru Tanah Abang
Sebelumnya: Perbedaan Charger Ampere Besar dengan Ampere Kecil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar