Pengertian Data Sekunder


Berdasarkan sumber datanya, data dalam penelitian dibedakan atas dua, yang pertama data primer dan kedua adalah data sekunder. Tahukah Anda pengertian data sekunder? Pengertian data primer yakni data yang diperoleh dari sumber yang berkenaan langsung dengan masalah penelitian, sedangkan pengertian data sekunder adalah data yang diperoleh dari penelitian orang lain atau sumber yang telah dipublikasikan sehingga data tersebut telah tersedia. Untuk selanjutnya dalam artikel ini akan dibahas lebih jauh mengenai data sekunder serta perbandingannya dengan data primer.

Dalam melakukan penelitian, data yang lebih dahulu diutamakan adalah data primer. Sebagaimana artinya secara bahasa, data primer adalah data utama, sedangkan data sekunder adalah data pendukung. Namun seiring perkembangan zaman, karena kemudahan memperolehnya, banyak peneliti terutama peneliti pemula yang menggunakan data sekunder sebagai acuan penelitian mereka. Padahal dalam menggunakan data sekunder harus sangat hati-hati, karena bisa saja data sekunder yang diambil memiliki tujuan atau mengupas sisi yang berlawanan dengan penelitian kita sehingga penelitian kita menjadi tidak reliabel.

Keuntungan yang sangat tampak dari penggunaan data sekunder adalah efisiensi cara mendapatkannya, kita bisa menggali informasi sebanyak yang kita mau dengan biaya yang lebih murah dan waktu yang lebih singkat ketimbang mengumpulkan data primer. Selain itu kemutakhiran informasi juga dengan mudah kita dapatkan melalui data sekunder, berbagai bentuk informasi dengan mudah tersaji seperti data nominal, data induktif dan sebagainya. Dengan menggali dari sumber yang benar, kita akan mendapatkan data yang valid dan tangible.

Kekurangan dalam menggunakan data sekunder adalah kejelian dalam pengumpulan, serta evaluasi dari informasi yang akan kita gunakan pada penelitian kita. Karena data sekunder banyak mengandung informasi yang bersifat subjektif sehingga harus benar-benar dibutuhkan kejelian dalam mengevaluasi data mana yang cocok dan sesuai dengan latar belakang masalah yang kita angkat dalam penelitian kita.

Untuk itu, dalam melakukan penelitian sekurang-kurangnya haruslah tercantum data primer terutama pada ladasan masalah dan pembahasannya. Karena sesungguhnya data sekunder memang diperuntukkan untuk mendukung validitas data primer, maka peneliti janganlah sampai terlena mendahulukan data sekunder sebab kemudahan cara mendapatkannya.

Selanjutnya : Side Stand Switch Standar Beat
Sebelumnya: Tips Antena TV Jernih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar