Pengertian Distributor


Dalam kehidupan sehari-hari, dalam dunia jual beli era modern, peranan seorang distributor tidak dapat dianggap remeh, bahkan sangat penting mengingat keterbatasan manusia dalam melakukan banyak hal secara bersamaan. Dalam dunia pemasaran distributor merupakan salah satu aspek penting dalam penjualan produk. Lantas, apa sebenarnya pengertian distributor itu? Apa pula fungsi yang membuatnya menjadi begitu penting?

Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia, defenisi distributor adalah orang atau badan yang mendistribusikan barang. Dalam bahasa sehari-hari disebut juga penyalur. Jadi, distributor adalah sebuah badan atau perseorangan yang menyalurkan barang dari produsen ke konsumen.

Produsen adalah badan atau perseorangan yang memproduksi suatu barang atau jasa yang akan dijual kepada konsumen atau pembeli. Dengan adanya distributor, maka produsen dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan adanya distributor produsen tidak perlu lagi memikirkan masalah pemasaran dan distribusi sehingga dapat lebih berkonsentrasi pada pengembangan produk dan strategi jangka panjangnya.

Bagi para konsumen, manfaat adanya distributor yang utama adalah menyampaikan barang kebutuhan mereka yang diproduksi oleh produsen dengan lebih cepat. Para konsumen tidak perlu menempuh perjalanan jauh mendatangi produsen untuk mendapatkan barang kebutuhannya. Para konsumen juga tidak perlu membeli banyak barang karena distributor yang melakukan pembelian banyak barang tertentu dan mendistribusikan barang tersebut kepada para pengecer sesuai kebutuhan mereka sebagai konsumen.

Dalam menjalankan usahanya produsen diperkenankan menaikkan harga jual barang sehingga mendapatkan keuntungan dari selisih harga tersebut. Namun, distributor tidak dapat menaikkan harga secara semena-mena, karena akan kalah bersaing dengan distributor lain dan biasanya produsen tetap melakukan kontrol penjualan dan distribusi atas produk mereka. Pihak produsen dapat sekali-kali memutuskan perjanjian kerjasama dengan distributor secara sepihak sehingga distributor harus pula patuh pada peraturan-peraturan yang ditetapkan produsen.

Selain bagian dari marketing atau pemasaran,  distributor juga merupakan bagian dari industri. Karena kegiatan distribusi yang dilakukan menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan kebutuhan konsumsi. Pengertian distributor tidak hanya sebatas penyalur, distributor adalah perantara agar suatu barang atau jasa menjadi lebih berguna ketika sampai ke tangan masyarakat atau konsumen. Semoga informasinya bermanfaat.

Selanjutnya : Sejarah Sebuah Restoran Cepat Saji Mc Donald’s
Sebelumnya: Prediksi Tingkat Terakhir Naruto Sebagai Hokage
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar