Pengertian Ekosistem Padang Rumput di Dunia


Pengertian ekosistem padang rumput adalah merupakan ekosistem daratan yang terjadi dengan cara alamiah. Curah hujan di padang rumput tidak seperti daerah lain, huajn yang terjadi tidak merata dan sangat terbatas. Kira-kira curah hujan yang turun sekitar 25-30 cm per tahunnya. Sehingga kawasan padang rumput, tidak memungkinkan untuk pepohonan tumbuh dengan baik. Di karenakan sistem drainase yang tidak berjalan dengan lancar sebagaimana ekosistem hutan.

Ekosistem Padang Rumput

Sistem perairan dan wilayah terbuka pada padang rumput mempunyai kecenderungan tidak teratur. Sehingga tanaman yang tumbuh di ekosistem tersebut sangat jarang. Sedang tanaman yang dapat tumbuh di ekosistem ini, kebanyakan di dominasi oleh rumput-rumputan seperti buffalo grasses, grama, dan sedikit tumbuhan perdu. Tumbuhan yag dapat tumbuh termasuk dalam tumbuhan unik karena mampu hidup di ekosistem ini. Yaitu tanaman akasia dari genus pohon dan semak-semak. Tanaman ini mempunyai duri yang panjang dan berdaun kecil, satu dari 1.300 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Pohon ini sangat berguna, sehingga sering dicari untuk dimanfaatkan kayunya.

Hewan yang biasanya menjadi penghuni kawasan ekosistem ini cukup banyak ragamnnya. Seperti kuda liar, zebra, gajah, domba, jerapah, dan masih banyak lagi. Alasan kenapa hewan-hewan tersebut yang hidup disana, karena rumput merupakan makanan utama mereka. Selain hewan pemakan rumput tersebut, masih ada hewan lain yang hidup disana. Hewan ini termasuk dalam hewan herbivora, seperti singa, cheetah, serigala, Hyena, anjing liar, dan sebagainya.Padang rumput mempunyai banyak sekali jenis ekosistemnya, ada padang rumput Alpen, padang rumput basah, padang rumput pantai, padang rumput Prairie, dan padang rumput gurun.

Ekosistem padang rumput banyak sekali kita dapat temukan di berbagai wilayah di dunia, bahkan di Indoensia. Yang terkenal terdapat di wilaya NTB, NTT dan Sulawesi. Padang rumput bertebaran di wilayah tersebut, sehingga terkenal sebagai daerah penggembala hewan ternak di Indonesia. Persebaran padang rumput di dunia dimulai dari Benua Afrika bila dilihat dari ilmu Geografi. Kemudian masuk ke Benua Amerika di bagian selatan dan Benua Australia di bagian utara.

Itulah penjelasan tentang pengertian ekosistem padang rumput.

Selanjutnya : Pengertian Sampah dan Jenis Sampah
Sebelumnya: Tips Pengerjaan Soal Matematika: Cara Menyelesaikan Soal Bangun Ruang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar