Pengertian Enzim Katalase


Apakah di usia muda Anda telah beruban? Ada kemungkinan bahwa Anda mengalami kekurangan enzim katalase. Enzim ini berperan dalam pembentukan pigmen rambut.  Tidak hanya itu, enzim ini banyak fungsinya. Inilah saatlah lebih memahami pengertian enzim katalase yang terdapat di hampir semua tubuh mahluk hidup.

Enzim ini ada dalam tubuh mahluk hidup karena enzim ini dibentuk oleh tubuh organisme secara alamiah. Dengan kata lain, enzim ini tercipta sebagai salah satu fasilitas kehidupan yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia dan mahluk hidup lainnya.

Seberapa penting enzim katalase bagi tubuh terutama tubuh manusia? Tanpa kehadiran enzim ini, manusia bisa mengalami penyakit kanker dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh radikal bebas. Kulit bisa mengalami bercak-bercak berwarna putih jika tiada jenis enzim ini dalam tubuh. Bagaimana? Sudah sedikit dimengerti betapa pentingnya kehadiran enzim katalase ini dalam tubuh.

Pengurai Radikal Bebas

Tugas dari enzim katalase adalah menguraikan zat-zat yang akan mengganggu  tubuh. Enzim ini akan membuat radikal bebas menjadi air atau oksigen. Untuk mendapatkan kemampuan ini, makhluk hidup terutama manusia harus membantu dirinya sendiri. Caranya, pertama,  jangan abaikan untuk makan dengan pelan-pelan. Makan secara perlahan ini akan membuat tubuh mudah menyerap makanan tersebut.

Kedua, hindarkan makanan cepat saji yang tinggi kalori dan garam. Tubuh manusia sesungguhnya membutuhkan radikal bebas sedikit sebagai penyerang jamur, bakteri, juga sebagai penekan infeksi. Tetapi kalau terlalu banyak, radikal bebas ini akan sangat berbahaya. Untuk itu, makanlah bahan makanan yang organik dan segar. Makanan organik ini mengandung banyak enzim. Tentu saja akan mempertahankan keberadaan enzim dalam tubuh.

Ketiga, makan dengan teratur dan bergizi seimbang agar pertahanan tubuh tetap kuat. Makan tanpa aturan malah akan merusak tantanan struktur pertahanan tubuh dari dalam. Makanan yang terlalu asam atau terlalu pedas, akan membuat sakit perut. Terserang salah satu jenis penyakit bisa mengganggu keseluruhan fungsi metabolisme.

Menjaga tubuh tetap sehat adalah pilihan yang tidak bisa diabaikan. Dengan memahami pengertian enzim katalase dan cara meningkatkannya, diharapkan semua orang akan tetap sehat untuk jangka waktu yang lama.

Selanjutnya : Sayur-sayuran yang Menghilangkan Bau Keringat
Sebelumnya: Kenali Macam Warna Dan Makna Warna Biru Tua
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar