Perbedaan Pengertian Es Kristal dan Kristal Es

Tahukah anda bahwa pengertian es kristal dan kristal es adalah dua hal yang berbeda? Ya, meskipun hampir serupa namun ternyata arti keduanya sangatlah berbeda. Artikel ini akan mengulas keduanya secara singkat, agar anda bisa mengetahui apa perbedaan diantara keduanya.

Es Kristal

Loading...

Es kristal adalah sejenis batu es yang layak konsumsi untuk berbagai keperluan. Es kristal inilah yang digunakan oleh berbagai jenis usaha terutama dibidang jasa restoran, karaoke, pesta dan berbagai jenis kegiatan yang berkaitan dengan makanan dan minuman. Banyak usaha kecil dan menengah yang menyasar usaha produksi es kristal.

Kedua, dilakukan proses filterisasi untuk menyaring zat-zat berbahaya yang mungkin terkandung dalam air. proses ini dilakukan dengan menggunakan alat Ultraviolet. Es kristal berkualitas juga menjalani berbagai uji laboratorium sehingga konsumen mendapatkan kepastian bahwa es batunya layak dan aman untuk konsumsi.

Kristal Es

Berbeda dengan es kristal, kristal es adalah nama lain dari salju. Salju adalah butiran kristal es yang turun ke bumi. Bagi negara dengan iklim subtropis tentu sudah tidak asing dengan turunnya salju di musim salju. Namun, ternyata ada sebuah fakta unik dari turunnya salju. Meskipun sudah turun sejak berabad-abad yang lalu, kristal salju yang turun selalu berbeda antara satu dengan yang lain. Menakjubkan bukan?

Lantas bagaimana dengan pengertian es kristal sebetulnya proses terbentunya salju hingga akhirnya bisa turun ke permukaan bumi? Sama halnya dengan hujan, salju berawal dari kumpulan uap air di atmosfer bumi. Karena pengaruh suhu, kumpulan uap air itu mengalami pendingian dan akhirnya berubah menjadi gumpalan awan.

Gumpalan awan itu semakin lama memiliki massa yang semakin besar hingga akhirnya tidak tertahan dan pecah, kemudian partikel-partkel air itu jatuh turun ke permukaan bumi.

Saat perjalanannya menuju permukaan bumi, partikel air ini bersentuhan dengan berbagai partikel lain di atmosfer salah satunya adalah partikel yang berfungsi untuk mempercepat proses pembekuan yang disebut dengan nuleator.

Nukleator ini yang berperan untuk merekatkan setiap upa air, sehingga didapatkan bentuk yang lebih besar dan padat yang kemudian mengubah partikel air yang ada menjadi kristal es dengan ukuran yang lebih besar.

Serangkaian proses ini tentu terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Kristal es yang sudah terbentuk ini kemudian turun lagi ke atmosfer bumi. Jika temperatur di atmosfer tidak tinggi, maka kristal es yang sudah dihasilkan akan turun sebagai salju ke permukaan bumi. Ya, kristal es inilah yang kita kenal sebagai salju.

Namun, jika temperatur udara tinggi, maka kristal es akan meleleh dan berubah kembali menjadi partikel air dan turun sebagai air hujan. Mungkin ini pula yang menjadi penyebab utama mengapa salju sangat sulit untuk turun di daerah tropis seperti Indonesia yang memiliki temperatur atmosfer yang cukup tinggi.

Demikianlah perbedaan antara pengertian es kristal dan kristal es. Semoga pembahasan ini bisa membantu anda untuk memahami kedua hal yang terlihat serupa ini.

Loading...
Selanjutnya : Pengertian Gerak dan Macam-macam Gerak Ilmu Fisika
Sebelumnya: Mengenal Busana Pengantin dan Pelaminan Adat Sumatera Barat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar