Pengertian Gaya Belajar Menurut Para Ahli


Gaya belajar adalah suatu cara pandang pribadi terhadap peristiwa yang dilihat dan dialami. Oleh karena itulah pemahaman, pemikiran dan pandangan seorang anak dengan anak yang lain dapat berbeda terhadap dunia sekitar, walaupun kedua anak tersebut tumbuh pada kondisi dan lingkungan yang sama, serta mendapatkan perlakukan yang sama pula. Berikut ini masi kita simak pengertian gaya belajar menurut para ahli.

David Kolb menjelaskan bahwa kecenderungan seseorang dalam proses belajar terbagi menjadi empat kutub, yaitu kutub perasaan, kutub pemikiran, kutub pengamatan, dan kutub tindakan.

Tetapi tak ada individu yang gaya belajarnya didominasi secara mutlak oleh salah satu kutub. Biasanya terjadi kombinasi dua kutub yang membentuk satu kecenderungan. Penjelasan keempat kutub tersebut adalah sebagai berikut:

•    Kutub Perasaan atau Concrete Experience

Pada kutub ini proses pembelajaran dilakukan melalui perasaan. Penekanan proses belajar terletak pada pengalaman konkret, dengan lebih mementingkan hubungan antar sesama dan kepekaan terhadap perasaan orang lain. Pada proses ini, anak cenderung lebih terbuka dan dapat beradaptasi terhadap perubahan.

•    Kutub Pemikiran atau Abstract Conceptualization

Pada kutub ini proses pembelajaran dilakukan melalui pemikiran dan konsentrasi lebih kepada analisa logika dari gagasan-gagasan, pemahaman intelektual terhadap keadaan atau masalah yang dihadapi dan perencanaan yang sistematis.

Pada proses ini, anak mengandalkan perencanaan yang sistematis dan melakukan pengembangan teori dan gagasan demi mengatasi masalah yang dihadapi.

•    Kutub Pengamatan atau Reflective Observation

Pada kutub ini proses pembelajaran dilakukan melalui pengamatan. Penekanaan proses ini  dilakukan dengan cara mengamati sebelum menilai, suatu perkara disimak dari berbagai sudut pandang, makna dari hal-hal yang menjadi sasaran pengamatan pun disimak maknanya. Pada proses ini, anak cenderung memakai perasaan dan pikiran dalam membentuk opini atau pendapat.

•    Kutub Tindakan atau Active Experimentation

Pada kutub ini proses pembelajaran dilakukan melalui tindakan. Anak memiliki kecenderungan yang kuat pada kemampuannya melaksanakan tugas, berani dalam pengambilan risiko, dan mempengaruhi orang melalui perbuatannya.

Para ahli lainnya, yaitu Bobbi DePorter dan Mike Hernacki dalam buku Quantum Learning mengemukakan bahwa ada  tiga macam dengan karakteristik visual, auditori, dan kinestetik. Sedangkan Dave Meier mengemukakan gaya belajar dengan pendekatan SAVI dalam buku The Accelerated Learning. SAVI tersebut adalah Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual. Demikianlah beberapa pengertian gaya belajar menurut para ahli.

Selanjutnya : Cara Membuat Sabun Cuci Piring Cair
Sebelumnya: Pilih Panther LS Apa Grand Touring?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar