Pengertian Gerak dan Macam-macam Gerak Ilmu Fisika

Pengertian gerak dan macam-macam gerak dalam ilmu fisika. Dalam keseharian, sering disaksikan benda-benda melakukan gerakan. Misalnya mobil yang melaju di jalan, jam yang berputar, anak yang berlari, dan lain lain. Lalu apa gerak itu? Secara sederhana, gerak adalah perpindahan posisi suatu benda. Benda dapat bergerak karena pengaruh dari luar.

Faktor yang mempengaruhi gerak benda adalah luas, bentuk, berat, kecepatan, dan kondisi permukaan yang dilalui benda. Untuk itu, berikut uraian pengertian gerak dan macam-macam gerak dalam ilmu fisika.

Pengertian Gerak

Berikut ini pengertian gerak dan macam-macam gerak dilihat dari berbagai ilmu. Menurut ilmu fisika, gerak merupakan proses berpindahnya sebuah benda dari satu kedudukan menuju ke kedudukan yang lain.

Efrizon Umar mengemukakan bahwa gerak diartikan sebagai perubahan posisi atau kedudukan benda terhadap suatu titik acuan tertentu. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, gerak adalah peralihan tempat atau kedudukan sebuah benda baik hanya sekali maupun berkali-kali.

Gerak menurut Sri Murtono adalah berpindahnya posisi atau tempat benda dari satu posisi ke posisi yang lain. Pengertian gerak menurut Kamajaya adalah perubahan kedudukan atau tempat suatu benda terhadap titik acuan tertentu.

Definisi gerak menurut J. Untoro adalah perubahan kedudukan benda terhadap suatu titik yang menjadi patokan. Menurut Ruslan Tri S. Dan Cahyo W, gerak diartikan sebagai perubahan kedudukan terhadap benda atau titik acuan tertentu.
Pengertian gerak menurut ilmu biologi adalah cara merespon rangsangan akibat salah satu ciri makhluk hidup termasuk kategori makhluk yang bereaksi ketika menerima rangsangan.

Macam-macam Gerak Dalam Ilmu Fisika

Gerak bersifat relatif, artinya benda bergerak tergantung pada titik acuan benda. Benda yang bergerak juga dapat dikatakan tidak bergerak. Inilah yang disebut gerak semu dimana benda yang diam seolah-olah bergerak karena adanya gerakan dari pengamat. Misalnya saat naik mobil dan pohon di pinggir jalan terlihat bergerak menjauh. Dari pengertian tersebut, gerak dalam ilmu fisika dapat dibedakan berdasarkan lintasan dan percepatan gerak.

Berdasarkan lintasan, gerak dibedakan menjadi tiga yaitu gerak lurus, gerak parabola, dan gerak melingkar. Gerak lurus benda adalah gerak yang lintasannya berbentuk lurus dan kecepatannya tetap (konstan). Gerak parabola merupakan gerak yang lintasannya berbentuk parabola. Sedangkan gerak melingkar adalah gerak terhadap titik acuan yang lintasannya berbentuk lingkaran. Besarnya jarak yang ditempuh benda diukur dari titik awal menuju titik akhir.

Dilihat dari percepatannya, gerak dibagi menjadi gerak beraturan dan gerak berubah beraturan. Gerak beraturan merupakan gerak yang percepatannya nol (a=0) dan kecepatannya konstan. Sedangkan gerak berubah beraturan adalah gerak dengan percepatan tetap (a=tetap) namun kecepatannya berubah secara teratur. Dengan demikian, setiap gerakan yang dilakukan oleh benda akan mengubah posisi ke tempat yang lain sesuai lintasan dan kecepatannya.

Semoga penjelasan pengertian gerak dan macam-macam gerak dalam ilmu fisika di atas menambah pengetahuan Anda.

Loading...
Selanjutnya : Uniknya Hasil Ukiran Suku Dani
Sebelumnya: Perbedaan Pengertian Es Kristal dan Kristal Es
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar