Jenis dan Pengertian Hortikultura


Jenis dan pengertian hortikultura memang menarik untuk diketahui, terlebih bagi Anda yang sedang mendalami ilmu alam. Kata hortikultura berasal dari istilah Latin, yaitu hortus dan colere.  Hortus artinya kebun, sedangkan colere artinya budidaya. Dengan demikian secara harfiah, hortikultura bisa diartikan sebagai ilmu yang mendalami atau mempelajari pembudidayaan tanaman kebun.

Pada masyarakat Indonesia tanaman kebun berisikan sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman hias, obat-obatan, serta tanaman penghasil rempah-rempah. Sementara itu di negara-negara maju budidaya hortikultura bisa dikatakan suatu usaha tani yang komersil. Dalam hal ini diusahakan secara monokultur, pada ladang produksi yang luas.

Di awal sudah dijelaskan jika hortikultura merupakan salah satu jenis tanaman yang dibudidayakan oleh manusia. Selanjutnya istilah hortikultura berkembang secara lebih luas, tidak hanya untuk budidaya di kebun. Ada berbagai macam jenis tanaman hortikultur yang dikembangkan masyarakat, berikut penjelasannya.

1.    Jenis Frutikultur/Pomologi atau tanaman buah. Jenis ini seperti manggis, apel, mangga, durian dan lain-lain.

2.    Jenis Florikultura atau tanaman bunga. Jenis ini seperti mawar, melati, anyelir, bugenvil, dan lain-lain.

3.    Jenis Olerikultura atau tanaman sayur. Jenis ini seperti selada, tomat, bayam, kentang, wortel dan lain sebagainya.

4.    Jenis Biofarmaka atau tanaman obat. Jenis ini seperti kunyit, rosela, kumis kucing dan lain-lain.

Dalam perkembangannya dewasa ini, hortikultur telah berevolusi menjadi tanaman budidaya pada perkebunan berskala besar. Namun demikian intinya hortikultur tetap layak untuk dibudidayakan pada perkebunan di pekarangan rumah. Hasil dari buah atau tanamannya dapat memberikan manfaat langsung, terhadap orang-orang yang membudidayakannya.

Sebagai contoh sayur ataupun buah yang bisa dibudidayakan di ladang, namun saat di tanam pada pekarangan rumah hasilnya bisa langsung dimanfaatkan. Hal itulah prinsip dasar dari tanaman hortikultur. Hanya saja harus difahami karena tidak semua tanaman bisa dikatakan golongan hortikultur.

Di beberapa wilayah mungkin terdapat tanaman kakao atau cengkeh di pekarangan rumah. Meskipun menanamnya di pekarangan, namun tanaman itu tidaklah masuk dalam kategori hortikultur. Hal itu dikarenakan perlu diproses lebih lanjut lagi untuk dapat dimanfaatkan, sehingga cengkeh dan kakao lebih tepat dikategorikan sebagai tanaman industri.

Demikian uraian mengenai jenis dan pengertian hortikultura. Semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan dan wawasan Anda, terutama bagi yang kebetulan sedang mendalami bidang pertanaman.

Selanjutnya : Contoh Kado Ulang Tahun kepada Istri
Sebelumnya: Kado Pernikahan buat Kakak Keponakan yang Unik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar