Pengertian Hubungan Sosial secara Umum dan Cara Bersikap dalam Hubungan Sosial


Pengertian hubungan sosial secara umum adalah hubungan antarmanusia yang ada dalam satu komunitas atau satu lingkungan. Hubungan ini berdasarkan banyak hal. Tidak harus dalam hubungan sosial tersebut masing-masing individu saling mengenal. Bisa saja mereka berhubungan karena adanya kepentingan tertentu.

Seorang pemilik toko tidak harus mengetahui nama atau latar belakang pembelinya. Namun, untuk hubungan sosial dalam lingkup yang lebih sempit, biasanya masing-masing orang berusaha untuk saling mengenal.

Cara Bersikap dalam Hubungan Sosial

Dunia modern telah menimbulkan dampak yang cukup besar terhadap hubungan sosial. Misalnya, sebelum sosial media marak, ajang silaturahmi masih sering dilakukan, terutama pada saat-saat tertentu seperti perayaan hari raya atau hari besar tertentu. Kini, setelah sosial media menjadi salah satu cara berkomunikasi, kebanyakan orang malah tidak merasa ‘wajib’ bertemu secara fisik jika telah ‘menyapa’ lewat sosial media.

Dampak yang lebih luas lagi adalah banyak anggota keluarga yang tidak saling mengenal. Antarsepupu saja terkadang sudah merasa sangat renggang dan tidak merasakan ikatan kekeluargaan lagi. Adalah tugas orangtua untuk mengakrabkan anak-anaknya. Tanpa bertemu secara fisik, hubungan sosial antarindividu itu tidak akan terasa dekat.

Rasa malas untuk bersilaturahmi ini memberikan efek negatif yang lain. Misalnya, empati dan simpati terhadap orang lain menjadi berkurang. Nilai-nilai kemanusiaan pun kian luntur. Bagaimana bisa antartetangga berkelahi hanya gara-gara sampah. Ini hasil dari ketidakharmonisan hubungan sosial.

Meningkatkan Ikatan Antarmanusia

Menjadi manusia yang lemah-lembut dan mau menundukkan hati agar menjadi lebih sosial kepada orang lain itu tidak mudah.  Kalau hal ini bisa dilakukan, hubungan sosial itu akan aman sentosa. Jika yang diutamakan adalah sikap saling ingin menang sendiri, akhirnya timbul rasa tidak mau bergaul dengan siapa pun. Bisa jadi juga ada sikap mudah curiga sehingga sangat memilih siapa yang akan ditemani.

Tidak masalah memilih teman, terutama teman dekat, karena mereka akan memengaruhi banyak hal dalam kehidupan. Namun, terhadap orang lain, tidak boleh terlalu curiga hingga terlihat seperti merendahkan orang tersebut.

Uang Punya Kuasa

Sesuatu yang agak memprihatinkan dalam hal hubungan sosial adalah ketika uang mempunyai peranan sangat penting. Seolah tidak ada sesuatu yang bisa selesai tanpa mengeluarkan uang. Tidak akan merasa nyaman orang-orang yang tinggal di lingkungan yang menganggap uang adalah segalanya.

Tingkat percaya terhadap orang lain pasti akan berkurang. Sebenarnya, jika setiap orang memahami pengertian hubungan sosial secara umum, mereka akan berusaha untuk terus membina hubungan dengan orang lain secara baik. Uang tidak harus selalu ada dalam setiap hubungan tersebut.

Selanjutnya : Sejarah dan Kelebihan Bebek Peking Makanan Khas Cina
Sebelumnya: Bahan dan Cara Membuat Salad Buah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar