Definisi atau Pengertian Hukum Menurut Para Ahli


Definisi atau pengertian hukum menurut para ahli berikut ini, mungkin saja bermanfaat bagi Anda yang sedang mendalami ilmu hukum. Hukum sebagai bidang kajian ilmiah, memang cukup menarik perhatian banyak pihak terutama kaum-kaum intelektual. Berikut adalah pemaparannya.

1.  Plato mengartikan hukum sebagai sistem peraturan-peraturan yang tersusun dan teratur serta mengikat masyarakat.\

2.  Utrecht mengartikan hukum sebagai himpunan petunjuk hidup berupa larangan dan perintah, yang mengatur tata tertib dalam sebuah masyarakat. Oleh karenanya hukum haruslah ditaati oleh semua anggota masyarakat di dalamnya. Pelanggaran terhadap peraturan hukum tersebut, dapat melahirkan tindakan berupa sanksi oleh pemerintah.

3.  Aristoteles mengartikan hukum sebagai peraturan yang tidak hanya berlaku untuk masyarakat, namun juga untuk hakim.

4.  Immanuel Kant mengartikan hukum sebagai keseluruhan peraturan yang berdasarkan hal tersebut, kehendak dari seseorang dapat menyesuaikan dengan kehendak bebas orang lainnya untuk memenuhi perihal tentang kemerdekaan.

5.  Van Apeldoorn mengartikan hukum sebagai gejala sosial. Artinya tidak ada suatu masyarakat, yang tidak mengetahui hukum. Oleh karenanya hukum itu menjadi suatu aspek kebudayaan seperti kesusilaan, adat istiadat ataupun kebiasaan.

6.  Austin mengartikan hukum sebagai peraturan yang dibuat untuk memberi arahan kepada makhluk yang berakal, oleh makhluk yang berkuasa di atasnya.

7.  Duguit mengartikan hukum sebagai tingkah laku anggota masyarakat yang pada waktu tertentu diindahkan, sebagai jaminan kepentingan bersama.

8.  Bellfoid mengartikan hukum sebagai peraturan yang berlaku di sebuah masyarakat guna mengatur tata tertib didasarkan atas kekuasaan pada masyarakat tersebut.

9.  Mayers mengartikan hukum sebagai peraturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan tingkah laku manusia dalam masyarakat, serta menjadi pedoman penguasa negara dalam melaksanakan tugasnya.

10.  Tirtaamidjata mengartikan hukum sebagai seluruh aturan yang harus ditaati oleh tindakan dalam pergaulan hidup dan terdapat ancaman bagi yang melanggar aturan tersebut. Semisal sanksi untuk kemerdekaan diri, denda harta dan lain sebagainya.

Demikian beberapa definisi atau pengertian hukum menurut para ahli. Semoga dengan mengetahui definisi mengenai hukum dari para ahli di atas, bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda dalam memahami seluk-beluk mengenai ilmu hukum.

Selanjutnya : Mempelajari Histologi Manusia
Sebelumnya: Pilihan Kado buat Suami Tercinta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar