Pengertian Hukum Menurut Para Ahli


Tahukah Anda pengertian hukum? Hukum adalah sebuah hasil karya manusia untuk membatasi manusia agar tingkah laku manusia menjadi terkontrol dan terkendali. Selain itu, hukum pun berfungsi menjaga ketertiban manusia demi tercapainya kelangsungan hidup yang damai dan harmonis.

Hukum Menurut Para Ahli

Selain definisi di atas, pengetian hukum sangatlah bergantung pada sudut pandang masing-masing, di antaranya menurut sudut pandang para ahli berikut ini.

Plato

Menurut Plato dalam bukunya yang bertajuk Republik, hukum adalah peraturan-peraturan yang mengikat yang tersusun dengan baik dan teratur.

Van Kan

Menurut Van Kan, definsi hukum adalah suatu peraturan manusia yang sangat memaksa demi melindungi kepentingan manusia yang ada di dalam masyarakat. Tujuan dari hukum itu sendiri adalah menjaga ketertiban, ketenteraman, keselarasan, dan perdamaian dalam bermasyarakat.

Wiryono Kusumo

Menurut Wiryono Kusumo, hukum adalah seluruh peraturan yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur ketertiban masyarakat dan bagi pelanggar hukum tersebut harus mendapatkan sanksi. Tujuan hukum itu sendiri menurut Wiryono adalah menjaga keselamatan dan ketertiban masyarakat.

E. Utrecht

Hukum adalah himpunan larangan dan perintah yang mengatur tata tertib bermasyarakat yang harus ditaati oleh anggota masyarakat tersebut. Oleh karena itu, pelanggaran hukum itu dapat menimbulkan tindakan dan reaksi pemerintah atau penguasa itu.

Van Apeldoorn

Hukum dibuat untuk mengatur hubungan anggota masyarakat satu dengan anggota masyarakat yang lainnya. Di dalam masyarakat, terdapat hubungan yang beraneka ragam, antara orang satu golongan, antara orang satu keluarga, antara orang satu seagama, dan macam-macam lagi perjanjian lainnya yang diatur dalam hukum.

Soerojo Wignjodipoero S.H

Menurut Soerojo, hukum adalah kumpulan peraturan hidup yang bersifat memaksa berisi perintah larangan atau izin untuk berbuat atau tidak berbuat dengan sesuatu yang melanggar tata tertib dengan peraturan bermasyarakat.

Immanuel Kant

Menurut Immanuel Kant, hukum adalah keseluruhan syarat-syarat dengan kehendak dari sesorang yang dapat menyesuaikan dengan kehendak  bebas dengan manusia lain.

Aristoteles

Menurut Aristoteles, hukum hanya sebuah peraturan yang tidak hanya mengikat masyarakat, tetapi juga berkedudukan sebagai hakim untuk masyarakat. Karena kedudukan itulah, undang-undang mengawasi hakim yang melaksanakan jabatannya sebagai hakim untuk menghukum berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat yang bersalah.

Itulah pengertian hukum menurut para ahli. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Penebangan Pohon Liar di Indonesia dan Solusi Menanggulanginya
Sebelumnya: Cengkih, Obat Tradisional Berbagai Macam Penyakit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar