Pengertian Hutan Lindung dan Macam-Macam Hutan Lindung yang Ada di Indonesia


Mengenal pengertian hutan lindung dan macam-macam hutan lindung yang ada di Indonesia, merupakan hal yang menarik. Hutan lindung bisa diartikan sebagai hutan yang dimanfaatkan untuk menjaga keteraturan air dalam tanah, mencegah tanah supaya tidak terjadi erosi serta mengatur iklim sebagai penanggulangan pencemaran udara.

Hutan lindung sangat dijaga dari penebangan hutan yang membabibuta pihak yang tidak bertanggung jawab. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai hutan cukup luas di dunia. Namun luas hutan tersebut lama-lama terus berkurang, akibat para pihak yang menggunduli hutan demi mendapat keuntungan.

Dewasa ini pemanasan global menjadi problem penting bagi masyarakat dunia. Pemanasan global salah satunya diakibatkan karena perubahan fungsi hutan. Proses berubahnya fungsi kawasan hutan, umumnya diawali dari proses perusakan hutan terutama terjadi pada hutan produksi. Hal tersebut berdampak negatif terhadap keseimbangan lingkungan secara luas.

Hutan sendiri dapat diartikan sebagai suatu kesatuan ekosistem yang berupa hamparan lahan luas berisi sumber daya alam hayati, serta didominasi oleh pepohonan dalam persekutuan alam yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya.

Menurut fungsinya hutan dapat dibagi menjadi hutan lindung, hutan konservasi, serta hutan produksi. Dalam wilayah hutan produksi, terdapat hutan tanaman dan hutan alam produksi. Hutan tanaman merupakan wilayah hutan yang berisi tegakan monokultur. Dalam hal ini proses regenerasi tanaman dilakukan melalui kegiatan penanaman yang dilakukan penggelolanya.

Dalam suatu wilayah hutan tanaman, kondisi asli hutannya berupa tanaman monokultur. Dengan demikian penggelolan hutan akan menciptakan suatu wilayah hutan lindung.  Namun tidak dipungkiri sering terjadi kesulitan, dalam hal menentukan kawasannya.

Hutan memiliki fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan, untuk mengatur tata air. Selian itu hutan juga berfungsi sebagai pencegahan banjir, pengendalian erosi, pencegahan intrusi air laut, serta memelihara kesuburan tanah.

Sementara itu yang dimaksud dengan hutan konservasi merupakan wilayah hutan dengan ciri khas tertentu, serta memiliki fungsi pokok sebagai pengawetan keanekaragaman satwa dan tumbuhan termasuk ekosistemnya.

Proses penetapan wilayah hutan lindung harus mempertimbangkan metode yang tepat, serta dapat dipertanggungjawabkan secara luas. Semoga uraian di atas mengenai pengertian hutan lindung dan macam-macam hutan lindung yang ada di Indonesia, bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda mengenai lingkungan hidup.

Selanjutnya : Cara Mengobati Kambing yang Buncit Akibat Kembung
Sebelumnya: Toko Sepatu Futsal Fisik Yogya Berkualitas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar