Memahami Pengertian Ijtihad


Ijtihad adalah suatu usaha secara sungguh-sungguh dengan mengerahkan seluruh kemampuan yang ada untuk memutuskan suatu masalah yang tidak dibahas di dalam Alquran dan hadis dengan tetap menggunakan akal sehat dan pertimbangan-pertimbangan yang matang. Pengertian ijtihad mengacu pada konsepsi sesuatu yang sukar dan berat. Pada awalnya, ijtihad bisa dilakukan oleh siapa saja, namun seiring perkembangannya ijtihad diputuskan oleh para ahli agama Islam.

Pengertian Ijtihad

Fungsi ijtihad adalah untuk memutuskan hukum-hukum baru yang tidak dibahas dalam Alquran dan hadis. Walalupun Alquran ditulis sangat lengkap dan detail, namun bukan berarti semua masalah diungkap secara jelas di dalamnya. Hal ini dipengaruhi oleh semakin berkembangnya zaman.

Apabila masalah-masalah baru tersebut sudah jelas ketentuan hukumnya di dalam Alquran maka secara otomatis harus taat pada ketentuan di dalam Alquran tersebut. Apabila ketentuan hukumnya masih kabur dan tidak jelas, maka diperlukan ijtihad yang hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang paham tentang Alquran.

Ijtihad dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis ijtiihad ini didasarkan pada jenis-jenis masalah dan cara penetapan hukumnya. Jenis-jenis ijtihad tersebut adalah ijma, qiyas, istihsan, maslahah mursalah, sududz dzariah, istishab, dan urf.

Tujuan utama dari ijtihad adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia akan pegangan hidup sebagai landasan beribadah kepada Allah dalam suatu tempat dan waktu tertentu. Apabila ada ketentuan hukum dalam Alquran yang masih tidak jelas biasanya hasil ijtihad daerah yang satu dan yang lain berbeda.

Selain itu, pada zaman Rasulullah pun ijtihad sudah ada walaupun belum begitu dikenal. Setelah Rasulullah SAW wafat, muncullah berbagai masalah yang pemecahannya tidak didapatkan di dalam Alquran, misalnya masalah mengenai siapa yang akan menggantikan posisi Rasulullah sebagai khalifah. Akhirnya, para ulama pun bermusyawarah dan berpikir keras untuk menemukan dan memutuskan jawaban.

Memahami pengertian ijtihad dengan segala fungsinya merupakan sarana untuk mendidik diri agar selalu berpikir keras, masuk akal, dan mufakat. Hal tersebut dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan masalah dengan berdasarkan ketentuan yang pasti. Semoga dengan pengertian dari ijtihad dapat memberikan pemahaman yang bermanfaat bagi Anda, khususnya mengenai cara penyelesaian masalah dalam Islam.

Selanjutnya : Lika-liku Musik Dangdut dan Sejarahnya
Sebelumnya: Cara Mudah Membuka Usaha Toko Buku
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar