Pengertian, Jenis, dan Fungsi Alat-alat Optik


a.    Judul            : Pengertian, Jenis, dan Fungsi Alat-alat Optik
b.    Kata Kunci Utama     : Fungsi Alat-Alat Optik
c.    Meta Tag         : Alat Optik, Sifat Cahaya, Contoh dari Alat Optik Alami,
Contoh Dari Alat Optik Buatan, Fungsi Alat Optik, Mata Merupakan Alat Optik Alami, Alat Optik Buatan Hampir Secara Keseluruhan Mengadopsi Prinsip Kerja Mata.

Pengertian, Jenis, dan Fungsi Alat-Alat Optik

Anda penasaran dan ingin tahu apa saja fungsi alat-alat optik? Sebelum menjawab pertanyaan ini, perlu dibahas terlebih dahulu pengertian dari alat optik itu sendiri beserta jenisnya.

Alat optik merupakan alat yang penggunaannya memanfaatkan sifat cahaya, hukum pemantulan cahaya, dan hukum pembiasan cahaya dalam membentuk bayangan sebuah benda. Alat optik dapat digolongkan menjadi dua jenis, yakni alat optik alami dan alat optik buatan.

Contoh dari alat optik alami adalah mata yang tidak dapat dibuat padanannya oleh manusia. Sedangkan contoh dari alat optik buatan meliputi kamera, lup, mikroskop, dan teropong. Secara umum alat-alat optik buatan manusia digunakan untuk membantu dan mengatasi keterbatasan mata dalam menjalankan fungsinya sebagai indera penglihat. Adapun fungsi khusus dari masing-masing alat-alat optik tersebut, antara lain:

1.    Mata
Mata merupakan alat optik alami yang berfungsi sebagai indera penglihat. Bahkan prinsip kerja alat optik buatan hampir secara keseluruhan mengadopsi prinsip kerja mata. Tanpa mata alat-alat optik buatan lainnya hampir tidak mungkin untuk diciptakan.

2.    Kamera
Kamera merupakan alat optik buatan yang berfungsi untuk mengambil gambar benda atau objek tertentu melalui bantuan cahaya dan lensa cembung. Kemudian bayangan yang tertangkap oleh lensa disimpan dan dibentuk dalam film.

3.    Lup
Lup atau kaca pembesar merupakan sebuah lensa cembung yang fungsinya untuk mengamati benda kecil. Lup membantu mata dalam mengamati benda-benda berukuran kecil melalui sifat bayangan yang dihasilkannya yakni maya, tegak, dan diperbesar.

4.    Mikroskop
Fungsi mikroskop hampir sama dengan lup yakni untuk mengamati benda kecil. Namun mikroskop memiliki ketelitian yang jauh lebih baik dibandingkan lup. Benda-benda renik yang tidak dapat diamati oleh lup dapat diamati dengan menggunakan mikroskop.

5.    Teropong
Teropong atau teleskop merupakan alat optik buatan yang berfungsi untuk membantu mata dalam mengamati benda-benda yang berjarak jauh seperti bintang dan planet. Dengan menggunakan teropong objek yang semula jauh terlihat menjadi dekat.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai fungsi alat-alat optik, pengertian, beserta jenis dari alat-alat optik yang cukup beranekaragam. Seluruh alat-alat optik tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia terutama mata yang merupakan alat optik alami sekaligus jendela dunia yang tak tergantikan.

Selanjutnya : Artikel Ilmiah tentang Penulisan Abstrak Bahasa Inggris
Sebelumnya: Pengaruh Film Hot Komedi di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar