Pengertian Jurnalistik Menurut Beberapa Ahli


Berikut ini akan diuraikan mengenai pengertian jurnalistik menurut beberapa ahli. Secara harfiah jurnalistik dapat diartikan sebagai kewartawanan atau hal-hal yang berkaitan dengan pemberitaan. Jurnalistik terbentuk dari kata dasar jurnal (journal), yang artinya laporan atau catatan. Sementara jour dalam bahasa Prancis dapat diartikan hari atau catatan harian. Sementara itu, dalam bahasa Belanda, journalistiek diartikan sebagai penyiaran catatan harian.

Jurnalistik juga dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang memiliki hubungan dengan pencatatan atau pelaporan sehari-hari. Dengan demikian, definisi jurnalistik tidak sama dengan pers, ataupun media massa. Berikut ini akan dijelaskan beberapa definisi jurnalistik dari para ahli.

1.    F.Fraser Bond di dalam karyanya berjudul An Introduction to Jurnalism, menyatakan jurnalistik merupakan segala bentuk pembuatan dan ulasan mengenai berita sampai pada kelompok pemerhati.

2.    M. Djen Amar mengartikan jurnalistik merupakan usaha menghasilkan kata-kata dan gambar-gambar yang dihubungkan dengan proses transfer ide dalam bentuk suara. Hal inilah yang menjadi cikal-bakal makna jurnalistik sederhana.

3.    M. Ridwan menjelaskan jurnalistik merupakan suatu kepandaian praktis dalam mengumpulkan dan mengedit berita untuk pemberitaan dalam surat kabar ataupun terbitan berkala lainnya.

4.    Onong U. Effendi menjelaskan jurnalistik merupakan teknik mengelola berita, mulai dari mendapatkan bahan hingga menyebarluaskan kepada khalayak luas.

5.    Adinegroho menjelaskan jurnalistik merupakan semacam kepandaian dalam mengarang, yang pada dasarnya memberikan kabar kepada masyarakat agar tersiar seluas-luasnya.

6.    Roland E. Wolseley menjelaskan jurnalistik merupakan proses pengumpulan, penulisan, pemprosesan, dan penyebaran informasi umum secara sistematis dan dapat dipercaya kepada masyarakat.

7.    Astrid S. Susanto menjelaskan jurnalistik merupakan kegiatan pencatatan, pelaporan dan penyebarluasan tentang kejadian sehari-hari.

8.    Erik Hodgins menjelaskan jurnalistik merupakan pengiriman informasi dengan benar, saksama, dan cepat dalam rangka membela keadilan dan kebenaran.

9.    Haris Sumadiria menjelaskan jurnalistik merupakan kegiatan menyiapkan, mencari, mengumpulkan, menyajikan, dan menyebarkan berita kepada khalayak luas.

10.    Ensiklopesi Indonesia menjelaskan jurnalistik merupakan profesi yang menyajikan informasi berkaitan dengan kejadian dalam kehidupan sehari-hari secara berkala, dengan memanfaatkan sarana-sarana penerbitan yang ada.

Dengan mengetahui pengertian jurnalistik menurut beberapa ahli tersebut, pembaca dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam bidang informasi. Hal tersebut tentunya menjadi pintu pertama bagi pembaca untuk mengenal dan lebih mencintai profesi jurnalistik.

Selanjutnya : Mengenal Beberapa Kadal Endemik Indonesia
Sebelumnya: Mengulas Artikel Cuaca di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar