Sampah Menurut Pengertian Kamus Istilah Lingkungan

Sampah tidak dapat terpisah dari kehidupan makhluk hidup termasuk manusia, karena sejalan dengan kehidupan makhluk hidup sampah secara otomatis akan dihasilkan. Berdasarkan pengertian kamus istilah lingkungan (1994), sampah memiliki arti sebagai berikut:

sampah

Sampah merupakan tempat bersarang dan berkembangbiaknya kuman penyakit. Di tempat sampah sering terlihat berbagai hewan kotor pembawa kuman seperti semut, tikus, dan lalat. Namun apabila dipandang dari sisi lain, sampah merupakan sumber pendapatan bagi para pemulung. Khususnya sampah yang bisa dijual ulang seperti plastik, besi, kertas, kardus dan lain sebagainya.

Berdasarkan jenisnya, sampah dapat dikategorikan menjadi tiga macam, yakni sampah basah (organik), sampah kering (anorganik), dan limbah khusus.

1. Sampah Basah (Organik)

Merupakan kategori sampah yang berasal dari bahan-bahan buangan/sisa makhluk hidup, yakni manusia, hewan, dan tumbuhan. Sampah basah tergolong mudah untuk diuraikan oleh alam seperti dedaunan, kotoran hewan, sisa makanan, dan buah yang telah membusuk.

2. Sampah Kering (Anorganik)

Merupakan katergori sampah yang berasal dari bahan-bahan buangan/sisa industri. Sampah kering tergolong sangat sulit diuraikan oleh alam seperti besi, kaca, plastik, dan aluminium

3. Limbah Khusus

Merupakan bahan-bahan buangan yang sifatnya berbahaya, beracun, dan bisa jadi mudah meledak. Sebelum dibuang sampah kategori ini memerlukan penanganan khusus. Adapun contoh-contoh dari limbah khusus meliputi limbah bahan kimia, limbah pabrik, dan sisa pestisida.

Setelah mengetahui berbagai kategori sampah, maka penanganan yang dilakukan untuk mengelola sampah agar tetap aman dan bersahabat dengan lingkungan tidak bisa sembarangan (menyamaratakan ketiga jenis sampah) tersebut.

Oleh karena itu kini banyak ditemui tempat sampah yang terdiri dari 3 boks warna untuk membedakannya, yaitu warna merah untuk sampah organik, warna hijau untuk sampah anorganik, dan warna kuning untuk sampah kertas.

Penggolongan sampah tersebut bertujuan agar nantinya pengelolaan sampah yang dilakukan tepat sesuai dengan jenis sampahnya. Namun ironisnya, masyarakat seperti acuh tak acuh dan membuang sampah tanpa memperhatikan tulisan yang tertera pada boks.

Demikianlah sedikit uraian mengenai sampah terkait pengertian kamus istilah lingkungan (1994). Semoga menambah wawasan dan pengetahuan Anda mengenai sampah beserta jenisnya.

Selanjutnya : Proses Terjadinya Pasang Surut Air Laut
Sebelumnya: Belajar Membuat Cerita Pendek Bahasa Inggris
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...