Struktur, Peran, Fungsi, dan Pengertian Katalase


Dalam pembahasan kali ini, penulis akan menguraikan tentang struktur, peran, fungsi dan pengertian katalase. Katalase dapat didefinisikan sebagai enzim yang menguraikan hidrogen peroksida yang berbahaya bagi makhluk hidup, menjadi oksigen atau air yang sama sekali tidak berbahaya.

Dalam tubuh manusia, enzim tersebut dapat menguraikan zat oksidatif lainnya seperti asam format, fenol, atau alkohol yang berbahaya. Katalase hampir terdapat di semua makhluk hidup. Bagi sel, enzim ini merupakan bodyguard yang melindungi bagian dalam dari kondisi oksidatif.

Berdasarkan stukturnya katalase merupakan enzim yang memiliki empat gugus heme pada tulang, ginjal, membran mukosa, dan hati. Kegiatan enzim ini ditemukan dalam mitokondria, peroksosom, dan sitoplasma. Katalase juga mempunyai empat rantai polypeptide yang masing-masing terdiri atas lebih 500 asam amino.

Katalase juga mempunyai empat grup heme yang terbentuk dari cincin protoporphyrin serta mengandung atom besi tunggal. Berat molekulnya sekitar 118.054,25 gram/mol, struktur sekunder sekitar 31% helical (22 helik; 161 residu) 16% beta sheet (19 strands; 82 residu).

Katalase juga memiliki fungsi. H2O2 (Hidrogen Peroksida) adalah hasil dari respirasi dan dibentuk dalam seluruh sel hidup. Karena H2O2 berbahaya dan harus dibuang secepatnya, enzim katalase harus diproduksi oleh sel untuk mengkatalis H2O2.

Katalase berfungsi sebagai enzim peroksidasi yang khusus dalam reaksi dekomposisi hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen. Menurut beberapa temuan, enzim ini dapat mengoksidasi 1 molekul hidrogen peroksida menjadi oksigen. Selanjutnya, secara simultan dapat juga mereduksi molekul hidrogen peroksida kedua menjadi air.

Reaksi dapat berlanjut jika terdapat senyawa pemberi AH2 (ion hidrogen) seperti etanol, methanol, dan format. Dalam hal ini, peran katalase mengatalis H2O2 lebih kecil, jika dibandingkan dengan kecepatan pembentukannya.

Karena sel yang mengandung katalase dalam jumlah sedikit begitu rentan terhadap peroksida, maka katalase memiliki peran penting dalam mekanisme perlindungan sel darah merah terhadap ancaman oksidaror hidrogen peroksida. Selain itu, membahas tentang enzim katalase, tidak bisa dipisahkan dengan isilah akatalasia. Akatalasia adalah suatu variasi genetik, yaitu terjadinya kekurangan enzim katalase di dalam sel darah merah. Kelainan tersebut bersifat otosom atau tidak bergantung pada jenis kelamin.

Semoga uraian mengenai struktur, peran, fungsi dan pengertian katalase tersebut dapat menambah wawasan Anda mengenai kesehatan. Kenalilah diri kita, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Selanjutnya : Bikin Alat Sirkulasi Air Aquarium Sederhana
Sebelumnya: Menulis Artikel tentang Iruka Sensei
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar