Tugas, Fungsi, dan Pengertian Kementerian Perhubungan


Berikut ini akan dipaparkan uraian mengenai tugas, fungsi, dan pengertian Kementerian Perhubungan. Kementerian Perhubungan merupakan kementerian di dalam pemerintah Indonesia yang mengurusi transportasi (perhubungan). Ruang lingkup kewajibannya meliputi penyediaan jasa, sarana perhubungan, pemeliharaan, dan peningkatan kualitas guna kesejahteraan masyarakat.

Negara Kesatuan Republik Indonesia atau yang disingkat NKRI adalah salah satu negara yang memiliki wilayah cukup luas. NKRI terletak pada garis khatulistiwa yang berada di antara benua Australia dan Asia. Indonesia diapit oleh Samudra Hindia dan Pasifik. Kondisi demikian membuat Indonesia terdiri atas kumpulan pulau-pulau yang terpisahkan oleh perairan.

Indonesia memiliki 17.000 pulau lebih. Realita itu menempatkan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia juga tercatat memiliki penduduk yang cukup besar di dunia. Selain itu, Indonesia tercatat sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar, meskipun bukan secara resmi sebagai negara Islam.

Bentuk pemerintahan negara Indonesia adalah republik. Wakil rakyat yang tecermin dalam DPR, dipilih langsung oleh masyarakat. Ibukota negara Indonesia adalah Jakarta. Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia di Pulau Kalimantan. Selain itu, berbatasan dengan Papua Nugini di Papua dan Timor Leste di Pulau Timor. Negara lainnya yang bertetangga adalah Filipina, Singapura, Australia, dan Brunei Darussalam.

Setelah membahas sedikit tentang Indonesia, kini akan dibicarakan lebih lanjut mengenai Kementerian Perhubungan. Dengan kondisi Indonesia yang memiliki wilayah besar, tugas pokok Kementerian Perhubungan adalah membantu presiden dalam melaksanakan sebagian tugas pemerintahan dalam ruang lingkup perhubungan.

Kementerian Perhubungan memiliki fungsi merumuskan kebijakan nasional, kebijakan teknis, dan kebijakan pelaksanaan pada bidang perhubungan. Fungsi lainnya adalah melaksanakan urusan pemerintahan pada bidang perhubungan, mengelola kekayaan negara yang menjadi tanggung jawabnya, mengawasi pelaksanaan di bidang perhubungan, dan menyampaikan laporan hasil evaluasi di bidang perhubungan kepada Presiden.

Terwujudnya penyelenggaraan pelayanan perhubungan yang berdaya saing, handal, dan memberikan nilai tambah adalah visi dari Kementerian Perhubungan. Kementerian Perhubungan juga memiliki misi yang salah satunya adalah mempertahankan tingkat jasa pelayanan sarana perhubungan.

Demikian uraian mengenai tugas, fungsi dan pengertian Kementerian Perhubungan. Semoga uraian tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda, khususnya mengenai kondisi lembaga-lembaga kenegaraan.

Selanjutnya : Berbagai Merek dan Harga Tas Kelas Dunia
Sebelumnya: Judul Psikologi untuk Karya Ilmiah di Era Modern
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar