Pengertian Kendaraan Bermotor Menurut Para Ahli dan Jenisnya

Secara umum, definisi atau pengertian kendaraan bermotor menurut para ahli adalah semua jenis kendaraan dimana sistem gerakannya menggunakan peralatan teknik atau mesin. Fungsi utama dari kendaraan ini adalah sebagai alat tranportasi khususnya di darat.

Manfaat dan Fungsi Kendaraan Bermotor

Fungsi utama dari kendaraan bermotor adalah memudahkan orang untuk mengakses daerah yang jaraknya lebih jauh tapi hanya membutuhkan waktu yang lebih singkat. Selain itu dengan adanya kendaraan bermotor orang bisa memindah berbagai macam benda maupun barang dengan mudah dengan daya angkut yang jauh lebih banyak dan besar.

Setelah mengalami kemajuan dan teknologi, kendaraan bermotor juga dapat digunakan untuk melakukan beberapa jenis pekerjaan lain. Misalnya untuk memadamkan api (mobil kebakaran), membuat atau menghaluskan jalan (mengaspal), dan sebagainya.

Apabila dilihat dari sudut sosial, penggunaan kendaraan bermotor mampu meningkatkan prestise atau kebanggaan pemiliknya. Terutama sekali pemilik kendaraan bermotor pribadi yang punya tampilan menarik dan berasal dari merk terkenal.

Selain itu kendaraan bermotor juga sering dijadikan sebagai media berolahraga dan pertandingan atau kompetisi. Misalnya balapan motor atau mobil, formula one, motocross dan lainnya. Bukan itu saja, saat ini adalah permainan yang dinamakan freestyle.

Jenis-jenis Kendaraan Bermotor

Melihat keterangan tentang pengertian kendaraan bermotor menurut para ahli sebagaimana yang telah dijelakan di atas, maka kendaraan bermotor dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Pertama adalah sepeda motor, yaitu kendaraan roda dua atau tiga dan biasnya hanya bisa digunaan untuk mengangkut orang maksimal dua orang termasuk pengendaranya.

Selain itu ada mobil penumpang, merupakan kendaraan angkutan yang maksimal penumpangnya berjumlah delapan orang termasuk sopir. Kadangkala mobil penumpang ini dapat dipakai untuk mengangkut barang namun dalam jumlah yang terbatas. Ukuran beratnya sekitar 3,5 ton.

Kemudian mobil bus lebih sering dipakai sebagai alat transportasi umum sebab bisa mengangkut penumpang dalam jumlah yang lebih banyak, bahkan ada yang mencapai 50 orang. Apalagi bus tingkat, bisa mengangkut sekitar 80 orang.

Kendaraan bermotor lainnya adalah mobil angkutan yang fungsi utamanya untuk mengangkut barang. Yang ukurannya besar dinamakan truk dan yang kecil bernama pick up. Mobil angkutan ini ada yang dibuat dengan tujuan tertentu, misalnya berbentuk tanki untuk mengangkut barang berbentuk cairan, mobil khusus untuk memadamkan api dan lainnya.

Berdasarkan pengertian kendaraan bermotor menurut para ahli, sebenarnya masih ada beberapa jenis kendaraan lain yang juga punya fungsi untuk mengangkut barang atau penumpang namun dengan bentuk yang lebih spesifik. Contohnya adalah kereta tempelan dan kereta gandengan.

Selanjutnya : Cari Toko Menjual Baju untuk Keluarga?
Sebelumnya: Hal Penting Dalam Membuka Usaha Kue
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...