Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal


Pernahkah Anda mendengar istilah komunikasi verbal atau non verbal? Tentunya pernah bukan? lalu apa pengertian komunikasi verbal dan non verbal itu? komunikasi adalah awal dari Anda memulai hubungan dengan orang lain. Tanpa komunikasi mungkin pesan yang akan disampaikan tidak akan dapat diterima oleh lawan bicara Anda.

Istilah komunikasi biasa disebut dengan communication skill (kemampuan berkomunikasi). Namun, kemampuan komunikasi seseorang itu berbeda-beda. Ada yang mampu berkomunikasi secara langsung dan ada juga yang pemalu dan hanya berkomunikasi lewat isyarat.

Komunikasi dapat didefinisikan sebagai upaya seseorang untuk menjalin hubungan dengan orang lain yang menggunakan kata-kata atau hanya berupa isyarat, kemudian akan membuat jalinan persamaan makna serupa terhadap pesan yang disampaikan melalui syaraf otak masing-masing. Komunikasi dapat pula diartikan sebagai sebuah proses seseorang atau individu dalam mengenal individu lain untuk hidup bermasyarakat. Orang yang melakukan komunikasi disebut komunikator sedangkan orang yang menerima komunikasi tersebut disebut dengan komunikan.

Jenis-jenis komunikasi dalam hal ini dibagi menjadi dua, yaitu komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi secara lisan yang dikeluarkan oleh seseorang berupa kata-kata yang keluar dari mulut atau suatu pembicaraan secara langsung sehingga komunikan dapat langsung memahami maksud dari pembicaraan (pesan) yang akan disampaikan. Sedangkan komunikasi non verbal adalah komunikasi yang berupa isyarat atau hanya berupa simbol yang diungkapkan seseorang dalam berkomunikasi.

Komunikasi verbal ini dapat dilakukan secara lisan maupun secara tertulis. Contoh, secara lisan adalah percakapan dalam pergaulan sehari-hari seperti saat kita mengobrol, berdiskusi, presentasi, curhat dan sebagainya. Adapula yang secara tertulis seperti saat membaca koran, membaca majalah dan lain-lain.

Sedangkan komunikasi non verbal merupakan komunikasi yang bukan keluar langsung dari mulut dan tidak berupa kata-kata. Biasanya disebut dengan bahasa tubuh (body language) yang memerlukan pemahaman lebih lanjut untuk memahami pesan yang akan disampaikannya. Contoh: ekspresi wajah, tatapan mata, gerak tubuh, dan nada suara.

Komunikasi ini berkaitan erat dengan ilmu psikologi dan biasanya dijadikan kajian khusus para peneliti (ilmuwan) perilaku. Nah, inilah sekelumit mengenai pengertian komunikasi verbal dan non verbal yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Daftar Nama Wanita Tercantik di Dunia
Sebelumnya: Siapakah Istri Zhou Jie dan Bagaimanakah Kehidupan Zhou Jie ?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar