Pengertian Konseling, Manfaat Konseling, Fungsi Konseling dan Tujuan Konseling


Konseling sendiri itu berupa suatu kegiatannya, sedangkan prosesnya dikatakan dengan konsultasi, dan orangnya disebut konsultan. Akan tetapi, seiring perkembangannya, biasanya konseling ini selalu dikaitkan dengan bimbingan, yang akhirnya di sebut BK atau bimbingan dan konseling.

Hal ini karena keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat, jadi hampir tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Sehingga, orang yang sudah berkonsultasi akan secara otomatis mendapat bimbingan untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Lalu, apa pengertian konseling, manfaat konseling, fungsi konseling dan tujuan konseling?

Bimbingan konseling dapat diartikan sebagai bantuan yang diberikan oleh guru pembimbing kepada semua siswa baik secara perorangan maupun kelompok. Adapun manfaat bimbingan dan konseling sangatlah banyak, di antarnya agar seseorang dapat memahami dengan baik kelemahan dan kelebihan yang ada dalam dirinya serta dapat mengetahui minat dan bakat yang dimilikinya. Selain itu, konseling juga dapat pula membantu seseorang mengenal karakter kepribadiannya. Karena tidak semua orang dapat mengenal dirinya sendiri dengan bijak.

Jadi, di sekolah konseling ini lebih berfungsi sebagai wadah bagi para siswa untuk berkonsultasi apa pun masalah yang dihadapinya, khususnya masalah-masalah yang berkaitan di sekolah. Seperti pengenalan dirinya, lingkungannya, teman sebayanya maupun persiapan belajar dan dunia kerja nantinya.

Tujuan konseling diberikan agar seseorang mampu menemukan apa yang tidak bisa ia temukan sendiri, sebagai teman atau seseorang yang dapat menjadi parter bertukar pikiran dan memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi.

Di sekolah bimbingan dan konseling ini diberikan khusus oleh seorang guru BK dengan tujuan agar siswa mandiri dan berkembang secara optimal, baik fisik maupun mentalnya serta memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Kemandirian ini ditunjukkan melalui kepribadian dan kemampuannya memahami dirinya sendiri, sehingga mampu bertanggung jawab.

Selain itu juga, tujuan konseling ini agar para siswa mampu merencanakan masa depannya. Misalnya, mampu membuat rencana dengan konsep yang baik demi meraih prestasi di sekolah dan mampu mengambil keputusan terhadap cita-citanya di masa yang akan datang sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya.

Itulah pengertian konseling, manfaat konseling, fungsi konseling dan tujuan konseling.

Selanjutnya : Bobot Ikan Hiu Terbesar
Sebelumnya: Benarkah Ada Bahaya Jus Semangka?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar