Pengertian Konseling di Sekolah dan Perbedaannya dengan Psikoterapi


Apa pengertian konseling? Kita tentu sering mendengar kata konseling di kehidupan sehari-hari, terutama di dunia pendidikan. Seperti yang kita ketahui, di sekolah terdapat guru BK yang merupakan singkatan dari Bimbingan Konseling. Namun, kurangnya pemahaman masyarakat tentang konseling ini membuat guru BK identik dengan guru yang mengatasi siswa yang bermasalah. Padahal keberadaan guru BK ini tak hanya sekadar menangani siswa yang bermasalah, tetapi lebih dari itu. Hal ini sesuai perannya sebagai guru bimbingan konseling yang dapat memberikan bimbingan konseling pada anak atau siswa.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sedikit tentang konseling dan pengertiannya agar kita tidak salah menginterpretasikan bimbingan konseling ini dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian Konseling

Konseling mengandung pengertian pemberian bantuan atau penyuluhan dari seorang pembimbing yang disebut dengan konselor kepada kliennya. Biasanya, bimbingan konseling ini diperlukan ketika seseorang atau klien mengalami masalah dan tak mampu menyelesaikannya sendiri. Seorang konselor atau pembimbing konseling ini akan membantu menyelesaikan masalah yang dialami.

Sekilas, tugas seorang konselor ini mirip psikiater, tetapi sebenarnya keduanya sangatlah berbeda. Berdasarkan pendapat dari seorang pakar, bimbingan konseling ini fokus pada empat hal, salah satunya adalah proses. Proses dalam konseling ini adalah proses untuk membantu klien menyelesaikan masalahnya. Hal yang sama juga dapat kita lihat pada seorang guru BK yang akan membantu siswanya yang mengalami masalah yang mengganggu konsentrasi belajarnya. Konseling ini juga merupakan sebuah hubungan spesifik antara konselor dengan kliennya.

Penekanan yang ketiga adalah konseling fokus pada penyelesaian masalah kliennya. Bantuan ini biasanya diberikan agar mendorong klien untuk mencari penyelesaian masalah yang terbaik. Penekanan konseling terakhir adalah pencapaian tujuan hidup dari sang klien.

Perbedaan Konseling dengan Psikoterapi

Bimbingan konseling ini sekilas memang seperti sebuah psikoterapi, tetapi sebenarnya keduanya sangat berbeda dari berbagai sisi. Masalah yang ditangani dalam bimbingan konseling ini cenderung lebih ringan daripada masalah yang harus diselesaikan pada psikoterapi. Selain itu, bimbingan konseling ini menggunakan pendekatan yang lebih humanis dan mempertimbangkan budaya dan emosi sang klien untuk mencari penyelesaian masalah.

Konselor atau pembimbing konseling melihat sang klien sebagai seorang yang normal tanpa mengalami kelainan psikologi, tetapi sedang menghadapi masalah yang tak mampu diselesaikan. Sementara itu, psikoterapi memandang kliennya sebagai seorang yang memiliki masalah atau kelainan psikologi.

Sampai di sini dulu pembahasan mengenai pengertian konseling. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua!

Selanjutnya : Melihat Bunga Indah Sekali
Sebelumnya: Membuat Bunga Hias Kain Flanel
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar