Makna dan Pengertian Lambang yang Terdapat Pada Baju Pramuka


Sejak masuk sekolah formal di tingkat dasar, kita sudah diperkenalkan organisasi pendidikan nonformal yang paling populer. Kita wajib berpakaian baju seragam coklat muda untuk atasan, dan coklat tua untuk bawahan pada hari Jumat dan sabtu. Pada seragam tersebut, ditempeli dengan beraneka macam atribut. Atribut yang paling terkenal tentu lambang tunas kelapa di sebelah dada kiri. Sebenarnya, apa makna dan pengertian lambang yang terdapat pada baju pramuka itu?

Pada baju pramuka yang dikenakan oleh anak SD, terdapat beberapa atribut yang wajib dipakai. Pada lengan kanan harus tertempel badge kwartir yang menunjukkan asal wilayah keanggotaan. Pada lengan kiri ditempeli badge lambang tunas kelapa kembar. Pada bagian sisi dada kanan di atas saku terdapat lambang kepanduan internasional.

Alasan Memilih Lambang Tunas Kelapa

Indonesia memilih lambang siluet tunas kelapa bukan tanpa dasar. Tunas kelapa ini dipakai sebagai gerakan kepanduan Indonesia atas prakarsa kakak Soenardjo Atmodipurwo. Pengertian lambang yang terdapat pada baju pramuka bergambar tunas kelapa antara lain: generasi penerus bangsa, sehat raga dan jiwa, kosmopolitan, harapan dan cita-cita tinggi, kokoh memegang prinsip, bermanfaat bagi banyak orang dalam berbangsa dan bermasyarakat.

Simbol tunas kelapa wajib melekat pada panji, bendera, satuan, tanda pengenal dan administrasi kepanduan. Tujuannya, sebagai bagian dari kependidikan. Pada setiap anggota pramuka bisa tertanam jiwa yang tersurat maupun tersirat dari lambang tunas kelapa tersebut.

Wujud nyata dari gerakan kepanduan nasional ini yakni mampu mengabdikan kemampuan yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat dan negaranya. Setiap anggota pramuka wajib menjiwai dasar negara Indonesia yakni Pancasila.

Agar makna dan pengertian lambang yang terdapat pada baju pramuka tidak mudah tergerus jaman, sudah selayaknya setiap anggota banyak-banyak terjun ke masyarakat. Tidak hanya membuat kegiatan yang berdasarkan agenda formal dari sekolah.

Dalam kehidupan keseharian pengertian lambang yang terdapat pada baju pramuka harus bisa tercermin dari tingkah lakunya. Bangsa Indonesia mengharapkan generasi penerus yang berkualitas, tidak hanya di bidang akademis, tapi juga akhlak dan moral. Bangsa yang disegani oleh bangsa lain adalah mereka yang mampu memegang teguh prinsip dengan baik dan benar.

Selanjutnya : Makna Peribahasa Kasih Anak Sepanjang Galah Kasih Ibu Sepanjang Jalan
Sebelumnya: Makalah Cara Mengatasi Masalah Pendidikan dan Pendapat Para Ahli yang Mendukungnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar