Pengertian Latar atau Setting


Latar (setting) biasanya terdapat dalam sebuah unsur cerita pendek dan novel. Baik cerpen maupun novel memuat penceritaan yang memusat pada peristiwa pokok yang dituntut adanya perwatakan yang jelas pada sebuah tokoh, alur yang sistematik, dan penggambaran latar yang menarik. Tema, tokoh, alur, latar, dan amanat termasuk unsur intrinsik. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian setting (latar), unsur latar, dan pembagian latar.

Latar (setting) adalah elemen fiksi yang menunjukkan tempat dan waktu berlangsungnya cerita. Setting meruupakan unsur cerita penting. Dalam fiksi modern, latar (setting) menjadi begitu kompleks karena terjalin atau terintegrasi dengan unsur yang lainnya seperti tema dan tokoh.

Setting atau latar memiliki makna yang banyak, di antaranya:

a. Landas tumpu adalah lingkungan tempat peristiwa terjadi, seperti di sebuah istana, pesawat, sekolah, mesjid, pesantren, kampus dan lain-lain.
b. Waktu terjadinya peristiwa seperti hari, musim dan periode waktu.
c. Tempat tertentu, daerah tertentu sesuai dengan adat istiadat yang ada di daerahnya.
d. Seluruh keterangan mengenai tempat, ruang, waktu dan suasana.

Adapun unsur-unsur latar itu ada tiga, yakni latar tempat, latar waktu dan latar sosial. Ketiga unsur tersebut memiliki permasalahan yang berbeda-beda yang sebaiknya perlu dipelajari lebih lanjut. Akan tetapi, ketiganya saling berkaitan dan saling memengaruhi satu dengan lainnya.

Latar tempat menyangkut tempat terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam sebuah karya fiksi. Tempat yang digunakan dapat berupa tempat-tempat yang bernama seperti nama kota, daerah, sungai, desa, pegunungan dan lain-lain.

Latar waktu berkenaan dengan kapan masalah itu terjadi dalam penggambaran sebuah cerita fiksi. Kejelasan waktu dalam sebuah cerita sangat penting karena jika tidak ada kejelasan waktu orang tidak akan mampu menulis cerita. Latar waktu akan menjadi dominan dan fungsional jika dipersiapkan dengan teliti, terutama jika dihubungkan dengan waktu sejarah.

Latar sosial merupakan lukisan status tokoh di dalam sebuah cerita yang ada di masyarakatnya, seperti latar sosial rendah, menengah dan tinggi.

Sekarang tipe latar, tipe latar terbagi menjadi dua, yaitu latar netral dan latar spitirual. Sedangkan fungsi latar itu diantaranya yaitu sebagai metafora, sebagai atmosfer, dan sebagai penonjolan. Itulah pengertian setting (latar) secara singkat. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Kiat Ampuh Agar Siswa Disiplin
Sebelumnya: Cara Bernapas dalam Air
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar