Inilah Pengertian Masyarakat Menurut Para Pakar!


Banyaknya pendapat mengenai pengertian masyarakat dari para ahli sosiologi masa lalu dan masa kini membuat kita bingung, mana yang benar dari sekian banyak pendapat tersebut? Semua pendapat para ahli atau pakar sosiologi itu semuanya benar karena mereka tentu tidak asal-asalan dalam merumuskan pengertian dari arti masyarakat tersebut. Para ahli telah memiliki kapasitas untuk membuat sebuah rumusan atau pengertian mengenai masyarakat. Kini tinggal bagaimana kita memilih pendapat mengenai pengertian masyarakat yang paling sesuai.

Pengertian Masyarakat secara Umum

Apa sebenarnya pengertian masyarakat secara umum? Pengertian masyarakat secara umum dapat diambil dari perpaduan definisi atau pendapat para ahli mengenai masyarakat itu sendiri. Masyarakat adalah sekumpulan atau kelompok manusia yang hidup bersama, saling memengaruhi, dan memiliki hubungan batin, serta bekerja sama untuk tercapainya keinginan bersama. Kita sendiri sebenarnya dapat mengajukan pendapat mengenai pengertian masyarakat secara umum karena kita juga hidup dan menjadi bagian dari masyarakat. Meski demikian, kadang kita juga sulit memahami apa yang ada di dalam masyarakat itu sendiri.

Pengertian masyarakat ini sebenarnya relatif, sesuai dengan pendapat atau pandangan seseorang terhadap masyarakat dan kehidupannya. Para ahli juga memiliki pendapat yang agak berbeda mengenai pengertian masyarakat ini. Perbedaan semacam ini sebenarnya tak perlu dipermasalahkan lagi.

Apa Pengertian Masyarakat Menurut Para Pakar?

Pengertian masyarakat menurut para ahli ini bermacam-macam, misalnya menurut pendapat Gillin & Gillin yang mengatakan bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang memiliki tradisi, sikap, kebiasaan, dan rasa persatuan yang muncul karena adanya faktor kesamaan.

Sedangkan menurut pendapat Harold J. Laski, masyarakat memiliki definisi sebagai sebuah kelompok manusia yang hidup dan bekerja sama untuk mencapai keinginan bersama. Berbeda lagi dengan pendapat ahli masa kini seperti Selo Soemardjan yang mendefinisikan masyarakat sebagai sekelompok orang yang hidup bersama dan menghasilkan sebuah kebudayaan.

Pengertian masyarakat yang lebih sederhana juga diusung oleh Horton & Hunt yang mengatakan bahwa masyarakat adalah suatu organisasi manusia yang saling berhubungan antara satu sama lain.
Pengertian masyarakat menurut para pakar yang mana yang akan ternyata satu pendapat dengan Anda?

Selanjutnya : Asiknya Permainan PB CS
Sebelumnya: Dimana Ya Cari Teman Chatting yang Lagi Online?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar