Memahami Pengertian Menikah


Pengertian menikah menurut bahasa berarti menghimpun atau mengumpulkan. Sedangkan menurut istilah fikih, nikah adalah ijab atau akad yang mengandung izin diperbolehkannya seseorang melakukan hubungan suami istri.

Adapun menurut istilah, secara umum menikah merupakan ikatan lahir batin yang terjalin antara seorang laki-laki dan perempuan yang bukan mahram agar terjalin hubungan yang halal dengan suatu ikatan suci pernikahan dengan tujuan untuk membina rumah tangga yang bahagia, sakinah, mawaddah dan warahmah yang diridhai oleh Allah Swt.

Ada beberapa ayat yang menganjurkan seseorang untuk segera menikah jika sudah mencapai masa balig dan memiliki kesiapan lahir batin. Anjuran menikah ini merupakan salah satu sunnah rasul, yakni perbuatan yang dicontohkan rasul untuk menjaga umatnya dari kedzaliman dan untuk menjaga kesucian dan kehormatan dirinya. Di antaranya ada ayat yang menganjurkan menikah agar bisa hidup tenang dan damai serta saling mengasihi satu sama lain.

Dalam surat Ar-Rum ayat 21 Allah berfirman, yang menjelaskan bahwa setiap manusia tercipta berpasang-pasangan. Bahkan bumi dan langit pun ikut berpasang-pasangan agar dapat hidup tenang, bersama dan saling berbagi kasih dan sayang.

Jadi, dalam ajaran agama Islam tidak ada ajaran rahbaniyyah, yakni tidak beristri atau tidak bersuami dan mengurung diri di dalam biara seperti ajaran yang diada-adakan oleh kaum Nasrani.

Hukum menikah itu pada dasarnya sunnah (dianjurkan). Akan tetapi, hukum tersebut bisa menjadi berubah sesuai dengan kondisi seseorang, maka hukumnya bisa menjadi wajib, makruh, sunah, bahkan haram.

Hukum orang yang wajib nikah ialah orang yang sudah mampu untuk menikah, tetapi tidak menikah dan dikhawatirkan akan berbuat zina. Maka orang seperti ini wajib untuk menikah.

Hukum menikah sunnah jika orang yang bersangkutan memiliki kemampuan untuk menikah, tetapi bila tidak menikah masih bisa menahan dirinya dari berbuat zina. Hukumnya, akan menjadi makruh jika seseorang mampu menikah namun tidak dapat menafkahi lahir dan batin. Mubah jika orang tersebut tidak terdesak untuk segera menikah.

Dan, hukumnya akan menjadi haram jika seseorang menikah hanya untuk menyakiti perempuan yang akan dinikahinya baik secara fisik maupun mental.

Itulah pengertian menikah secara umum. Jadi, sudah siapkah Anda menikah? Janganlah menunda-nunda karena dikhawatirkan Anda akan terlibat ke dalam zina.

Selanjutnya : Cara Bermain Congklak
Sebelumnya: Baju Pengantin Adat Aceh laki-Laki
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar