Pengertian Metabolisme Makhluk Hidup


Pengertian metabolisme makhluk hidup sangat berpengaruh. Seperti halnya usia remaja yang mengonsumsi berbagai makanan tubuhnya begitu mudah membakar kalori lemak menjadi energi. Begitu pula dengan atlit olahraga, meskipun tidak melakukan aktifitas, dalam tubuhnya bisa membakar kalori meski dalam kondisi tidur.

Sedangkan untuk orang lanjut usia, harus mati-matian diet, demi menjaga tubuh dari kalori tinggi. Karena tubuhnya susah membakar kalori seiring tambah usia. Faktor yang menyebabkan perbedaan itu adalah metabolism tubuh.

Arti metabolisme adalah pertukaran zat antara suatu sel secara keseluruhan dengan zat antara sel secara keseluruhan dengan lingkungannya. Metabolisme dalam bahasa Yunani berarti “Metabole” berarti perubahan.

Proses Metabolisme

Inti protoplasma adalah pembelahan. Sebelum sel membelah, sebelumnya protoplasma mengumpulkan serta memilah zat-zat penting dalam protoplasma dan membram sel.

Proses metabolisme yang terjadi seperti proses reaksi kimia yang terjadi d idalam tubuh makhluk hidup, dari makhluk bersel satu hingga yang memiliki susunan tubuh kompleks seperti manusia. Dari sinilah makhluk hidup memanfaatkan senyawa kimia demi melanjutkan kehidupannya.

Metabolisme meliputi proses sintesis (anabolisme) dan penguraian (katabolisme) senyawa atau komponen dalam sel hidup. Semua reaksi metabolisme dikatalis oleh enzim.

Hal lain yang penting dalam metabollisme adalah peranannya dalam penawar racun atau detoksifikasi. Proses metabolisme bagi organisme hidup beberapa fungsi spesifik, yaitu sebagai berikut.

  • Untuk mengubah molekul zat-zat makanan (nutrisi) menjadi perkursor unit pembangun bagi biomolekul sel.
  • Untuk menyusun unit-unit pembangun menjadi protein, asam nikleat, lipida, polisakarida, dan komponen sel lain.

Ternyata dengan adanya metabolisme dapat menangkal zat racun yang tidak secara masuk ke dalam tubuh manusia. Dengan adanya proses metabolisme akan mengubah zat racun menjadi senyawa yang tidak beracun sama sekali serta merta dapat mengeluarkan racun juga. Inilah yang dinamakan dengan detoksifikasi.

Dilihat dari pengertian metabolisme makhluk hidup peran dalam prose metabolisme ini sangat berperan besar dalam menunjang kehidupan makhluk hidup.

Menjaga agar metabolisme tetap stabil adalah menerapkan pola hidup serta pikiran yang sehat. Hindari merokok berat, stress berkepanjangan, ataupun makanan berkalori tinggi, seperti junk food. Tidak lupa untuk membiasakan berolahraga rutin tiap hari.

Selanjutnya : Cara Menerapkan Tema Di Windows Xp
Sebelumnya: Mengenal Contoh Puisi Melayu Klasik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar