Pengertian Nonfiksi dan Contoh-contohnya


Karya tulis merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk berkreasi melalui kata-kata. Karya tersebut dapat berupa fiksi atau nonfiksi.

Ada beberapa bentuk karya tulis nonfiksi yang harus diketahui apabila anda ingin membuat suatu karya tulis tersebut. Artikel ini mengulas pengertian, contoh dan juga pengaplikasian karya tulis nonfiksi tersebut.

Karya tulis terbagi menjadi dua yaitu fiksi dan nonfiksi. Fiksi adalah karya yang ditulis berdasarkan imajinasi pengarangnya. Sedangkan pengertian nonfiksi adalah karya sastra yang dibuat berdasarkan data–data yang nyata, berdasaarkan penglaman hidup dan tidak berangkat dari kerangka imajinasi.

Untuk mengetahui pengertian nonfiksi lebih lanjut, harus diuraikan pemahaman nonfiksi sebagai sebuah karya dengan contoh-contoh yang paling dekat dengan kehidupan.

Contoh-contoh itu adalah essai, artikel, karya tulis Ilmiah dan biografi. Untuk mengetahui hal ini lebih lanjut, dipaparkan penjelasan jenis karya nonfiksi tersebut secara singkat.

Esai

Salah satu karya tulis yang paling banyak dikenal  adalah esai. Jenis karya nonfiksi ini dapat ditumukan di koran, majalah atau media tulis lainnya. Ciri yang umum ditemui dari sebuah esai adalah opini dari para penulisnya.

Artikel Jurnalistik

Ingat tentang formula 5W dan 1H yang pernah diajarkan di sekolah? Formula itu umuMNYA terdapat dalam sebuah artikel jurnalistik. Dalam artikel jurnalistik, terdapat informasi  yang bermanfaat untuk pembacanya. Artikel jurnalistik sekarang begitu dekat bahkan lebih banyak  dibandingkan esai. Hal ini karena maraknya situs berita yang dapat diakses dengan mudah meski hanya dengan telepon genggam.

Artikel Ilmiah, Karya Tulis Ilmiah, Laporan Kegiatan

Jenis karya nonfiksi adalah karya tulisan penelitian. Biasanya karya ini hanya tersebar padA kalangan civitas akademika saja. Dalam karya tulis ilmiah, terdapat gagasan dan analisis terhadap sesuatu untuk menghasilkan simpulan tertentu. Karena umunya beredar di kalangan tertentu terkadang bahasa yang digunakan pada jeins karya tulis ini bnyak mengandung istilah-istilah.

Biografi

Jenis karya tulis nonfiksi  ini  fokus pada pembahasan atau kisah tentang kehidupan seseorang. Biasanya karya ini memuat riwayat hidup orang terkenal. Baik yang berpengaruh  terhadap tatanan kehidupan, pejuang kemerdekaan, tokoh nasional atau selebritas.  Biografi sering juga disebut otobiografi.

Biasanya biografi ditulis dengan  menggunakan pendekatan fiksi. Hadirnya dialog dan gambaran adegan membuat karya biografi sering disebut juga novel otobiografi.

Berdasarkan contoh-contoh tersebut, sangat jelas bahwa pengertian nonfiksi adalah karya yang berhubungan dengan kenyataan yang ada. Tulisan nonfiksi identik dengan objek hasil pengamatan atau penelitian.  Sifatnya sangat berbeda dengan fiksi yang lebih mengutamakan konflik dalam balutan imajinasi.

Selanjutnya : Pengertian Tentang Renang Gaya Punggung
Sebelumnya: Tips Sukses Membuka Restoran Cepat Saji
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar