Contoh Artikel tentang Pengertian Pakaian Adat Betawi


Arti pengertian pakaian adat Betawi adalah pakaian tradisional yang digunakan masyarakat asli Jakarta. Asli di sini tentu saja adalah masyarakat Betawi. Suku asli yang mendiami Jakarta atau sejak masih miliki nama Batavia pada masa kolonial.

Konon, suku Betawi adalah suku ‘berdarah campuran’. Sebab, masyarakat Betawi merupakan campuran dari suku Jawa, Bugis, Sunda, Ambon, dan lain sebagainya. Untuk pakaian adat Betawi sendiri miliki jenis yang berbeda utuk segala kesempatan. Dan berikut sedikit penjelasannya.

Pakaian Sehari-hari

Untuk pakaian yang dipakai dalam keseharian kaum lelaki Betawi, soal baju, umumnya mereka memakai baju koko atau sadariah. Sama seperti baju koko yang sering kita jumpai namun dengan warna polos.

Sementara itu, soal celana mereka memakai celana batik panjang. Celana ini kolor dengan warna polos atau tidak ramai. Selain itu kaum laki-laki juga memakai peci serta kain pelekat di pundak mereka.

Sedangkan untuk perempuan memakai baju kurung lengan pendek dengan warna mencolok. Kaum wanita juga memakai kain sarung batik dengan warna cerah. Baju kurung dan kain sarung batik yang dipakai kemudian dilengkapi dengan kerudung. Soal warna kerudung bisa disesuaikan atau dikombinasikan dengan baju kurung dan kain sarung batik.

Pakaian Pengantin

Pakaian adat Betawi untuk pengantin pria disebut dengan dandanan care haji. Jenis pakaian ini menutupi jubah serta tutup kepala. Selain itu, pengantin pria juga dilengkapi dengan selendang dan manik-manik yang miliki motif benang emas.

Agar lebih pas, pengantin pria mengenakan sepatu pantofel. Sedikit informasi, pakaian adat Betawi untuk pernikahan dipengaruhi oleh pelbagai adat mulai Cina, Arab, Melayu, dan Barat.

Sedangkan untuk pakaian penganti wanita disebut dengan dandanan care none pengantin cine. Mengenakan baju bergaya blus China berwarna cerah dengan bawahan rok (kun) gelap yang bermodel duyung.

Sebagai pelengkap, pengantin wanita memakai cadar di wajah, kembang goyang di bagian kepala, serta pada sanggul dilengkapi dengan bunga melati berbentuk roonje. Untuk sepatu gunakan selop bermudel perahu.

Itulah sekelumit informasi terkait pengertian pakaian adat Betawi. Sebuah suku yang miliki jenis budaya dan adat istiadat cukup unik khususnya soal pakaian adat.

Suku Betawi terkait pakaian adat dipengaruhi oleh pelbagai adat lain. Itulah mengapa pakaian adat mereka nampak beda dan terkesan adanya akulturasi kebudayaan.

Selanjutnya : Mengenal Tokoh Toyota
Sebelumnya: Bosnia, Negara Islam Di Eropa Selatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar