Pengertian Pekerjaan


Mencari pekerjaan lalu bekerja, itu mungkin salah satu yang dicari orang dalam kehidupannya. Tidak mungkin orang yang hidup tidak mempunyai pekerjaan apa-apa. Lalu apa sebenarnya pengertian pekerjaan. Dalam arti umum pekerjaan merupakan aktivitas yang dilakukan manusia. Dapat didefinisikan secara khusus pekerjaan adalah suatu bentuk aktivitas yang dilakukan manusia dengan tujuan-tujuan tertentu.

Dalam kehidupan sehari-hari kita perlu bekerja, bukan hanya saja untuk mencari uang namun juga untuk beraktivitas. Setiap pekerjaan dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup. Dari pekerjaan itu kita bisa menghasilkan banyak outputnya, salah satunya uang.

Hasil dari pekerjaan tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan, membantu orang dan kegunaan-kegunaan lainnya yang berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari. Seseorang tidak mungkin bisa makan kalau tidak bekerja, seseorang tidak akan bisa berpakaian kalau tidak bekerja.

Macam-macam Pekerjaan

Ada berbagai macam pekerjaan yang bisa kita lakukan sehari-hari. Mengenai hasil yang diperoleh itu tergantung pekerjaan kita apakah kita melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh atau hanya bekerja biasa-biasa saja. Beberapa pekerjaan yang kita kenal sehari-hari di antaranya.

1. Petani

Di Indonesia profesi sebagai petani banyak dilakukan karena merupakan negara yang sangat subur. Istilahnya segala macam tanaman pun akan tumbuh di negeri yang subur ini. Mulai dari menanam padi di sawah, berbagai jenis kayu, tanaman palawija hingga sayur-sayuran. Para petani ada yang masih memakai cara tradisioanl ada pula yang sudah memanfaatkan teknologi yang modern.

2. Nelayan

Sebagai negara maritim dengan panjang garis pantai hingga ribuan kilometer, sangat memungkinkan banyak orang yang bekerja sebagai nelayan. Banyak orang yang berada di daerah pantai memanfaatkan kekayaan laut untuk menyambung hidupnya.

Kegiatan nelayan tersebut bisa diartikan sebagai pengertian pekerjaan. Dengan keberadaan pekerjaan nelayan kita orang yang jauh dari pantai bisa menikmati hasil pekerjaan mereka. Kita bisa menikmati enaknya makanan laut seperti udang, tongkol dan ratusan jenis ikan laut lainnya.

3. Peternak

Pekerjaan lainya yang juga banyak ditemui di Indonesia adalah peternak. Orang yang setiap hari bekerja mengurus hewan baik itu menghasilkan pasokan daging ataupun telur dari hewan maka ia disebut peternak.

Peternak ini mulai dari pembibitan, pemeliharaan hingga hasil dari hewan ternak mereka lakukan setiap hari. Peternakan yang terkenal di Indonesia misalnya ayam, sapi, domba, kambing, kelinci dan hewan-hewan daerah tropis lainnya.

Selain beberapa pekerjaan di atas ada pula pekerjaan sebagai dokter, guru, pegawai pemerintah, buruh dan banyak lagi. Setiap orang yang beraktivitas untuk mendapatkan sesuatu maka itulah yang dimaksud dengan pengertian pekerjaan.

Selanjutnya : Beberapa Games PS2 Terbaik dan Mengasyikkan
Sebelumnya: Gambar Angel Malaikat dalam Literatur dan Seni Barat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar