Pengertian Pelayanan Publik dan Macam-macamnya

Berbicara mengenai pelayanan publik, tentu hal yang perlu diketahui dari hal tersebut adalah pengertian pelayanan. Pelayanan secara umum dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau suatu badan yang bertujuan untuk melayani setiap kebutuhan oranglain. Dari pengertian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk oranglain yang membutuhkan. Tentu hal tersebut juga berlaku pada pelayanan publik yang memang bertugas untuk melayani masyarakat.

Pelayanan publik yang diberikan oleh suatu negara bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar sesuai dengan hak-hak yang dimiliki oleh warga negara ata suatu barang, jasa, dan pelayanan lainnya. Pelayanan untuk warga sipil suatu negara ini diberikan oleh Lembaga Pemerintahan. Ada banyak pelayanan publik yang diberikan oleh Lembaga Pemerintahan untuk warga negaranya, yang di antranya adalah sebagai berikut:

Pelayanan Administrasi

Pengertian pelayanan administrasi ini diberikan kepada warga sipil dalam bentuk dokumen resmi yang secara umum diperlukan. Contoh dari pelayanan administrasi ini di antaranya adalah status kewarganegaraan, surat kepemilikan suatu barang, dan lain sebagainya. Contoh dari dokumen-dokumen resmi ini di antaranya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta kelahiran, akta pernikahan, akta tanah, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM), paspor, surat kepemilikan tanah, dan lain sebagainya.

Pelayanan Barang

Pelayanan barang dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk melayani masyarakat yang hasilnya berbentuk jenis barang. Jenis barang ini tentunya digunakan secara umum dan dipergunakan untuk public. Contoh dari pelayanan barang ini bisa berupa jaringan telepon, air bersih, penyediaan tenaga listrik, dan lain sebagianya.

Pelayanan Jasa

Pelayanan jasa merupakan suatu kegiatan yang diberikan untuk khalayak umum berupa jasa-jasa yang pada umumnya diperlukan publik. Contoh dari pelayanan jasa ini bisa berupa, penyelenggaraan pendidikan, penyelenggaraan penjagaan kesehatan, pengadaan transportasi, dan juga pengadaan fasilitas-fasilitas umum lainnya.

Melihat dari berbagai pengertian macam-macam pelayanan maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan oranglain dengan cara melakukan kegiatan yang semata-mata dilakukan untuk oranglain. Pelayanan juga diberikan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan atau orang secara umum untuk bisa melakukan berbagai aktivitas, baik itu transaksi jual beli barang dan jasa atau keputusan suatu hal yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Itulah sekilas informasi mengenai pengertian pelayanan publik dan macam-macamnya yang dapay disampaikan. Semoga dengan adanya pembahasan ini, dapat memberikan pemahaman yang lebih luas bagi Anda semua.

Loading...
Selanjutnya : Persebaran Etnis yang Ada di Maluku
Sebelumnya: Anggrek Dendrobium Langsung Matahari
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar