Pengertian Pemerintahan Republik


Pengertian pemeritahan sendiri adalah suatu sistem yang mempunyai hak dan wewenang serta kekuasaan untuk mengatur suatu daerah atau wilayah tertentu dengan dibuatnya peraturan serta Undang-undang.

Adanya pemerintahan bertujuan untuk menyelaraskan kehidupan di suatu wilayah yang sangat  beragam, entah itu dari segi suku, agama, ataupun adat istiadat sehingga dengan adanya pemerintahan semua perbedaan itu dapat terakomodasi dan terciptalah kerukunan dan perdamaian.

Indonesia sendiri mengambil pemerintahan republik sebagai bentuk pemerintahannya. Republik Indonesia, begitulah julukan yang tersemat pada negeri Indonesia kita tercinta. Pengertian pemerintahan republik sendiri adalah suatu bentuk pemerintahan yang berasal dari rakyat.

Sehingga, dalam hal ini adalah setiap individu atau rakyat di Indonesia berhak menjadi seorang yang memiliki kekuasaan untuk mengatur suatu wilayah tertentu, entah ia seorang bangsawan, pedagang, keturunan presiden sebelumnya, ataupun hanya rakyat biasa.

Kata republik mempunyai asal kata res publica dari bahasa Latin yang mempunyai arti “urusan awam”. Yang lalu kata ini diartikan menjadi sebuah kerajaan yang dimiliki dan dikuasai oleh rakyat. Kenapa rakyat? Mungkin terkesan mirip dengan arti dari istilah demokrasi.

Namun, republik dan demokrasi sesungguhnya adalah dua kata yang berbeda maknanya. Demokrasi sendiri merupakan jenis sistem pemerintahan. Ada beberapa negara seperti Indonesia yang bentuk pemerintahannya adalah Republik lalu sistem pemerintahannya menganut sistem demokrasi.

Namun, terdapat pula negara-negara di dunia yang bentuk pemerintahannya republik namun syitem pemerintahannya bukan demokrasi. Contoh negara-negara yang menganut sistem tersebut adalah Afrika Selatan, yang menganut sistem totaliter.

Di seluruh dunia sendiri terdapat berbagai negara yang berbentuk republik. Di benua Eropa, terdapat Albania, Azerbaijan, Belarusia, Bulgaria, Bosnia, Jerman, Kroasia, Ceko, Prancis, italia, Finlandia, Kazakhstan, Rumania, San Marino, Swiss, serta Turkmenistan.

Di Amerika, terdapat Amerika Serikat dan Meksiko di Amerika Utara dan Di Amerika Selatan terdapat Argentina, Brasil, Bolivia, Chili, Kolombia, dan Peru. Di Afrika, yakni Afrika Selatan, dan beberapa negara lainnya serta di Asia terdapat beberapa negara termasuk Indonesia yang bentuk pemerintahannnya republik.

Demikian pengertian pemerintahan republik serta contoh negara-negara yang menganut bentuk tersebut agar dapat membantu pemahaman Anda. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Dinasti Kerajaan Mataram Kuno
Sebelumnya: Hadiah Untuk Memikat Wanita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar