Pengertian Pendekatan Deskriptif Komperatif Menurut Ahli

Pengertian pendekatan deskriptif komperatif menurut ahli membantu kita yang sedang melakukan penelitian. Khususnya, bagi para mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir ataupun skripsi. Dalam penelitian, pendekatan deskriptif terutama pada kasus yang berkenaan dengan masyarakat, perilaku, pandangan, atau proses tertentu masih sering dilakukan karena penelitian deskriptif menjadi bentuk penelitian dasar yang perlu dilakukan dengan pengamatan pancaindera.

Sebelum melakukan penelitian, kita perlu memahami pengertian dari metode deskriptif agar proses penelitian berjalan dengan baik. Metode deskriptif merupakan salah satu metode penelitian yang sering digunakan, selain metode komparatif, survei, korelasional, ekspos facto, dan sebagainya.

Loading...

Pengertian Pendekatan Deskriptif Komperatif Menurut Ahli

Secara global, metode deskriptif komparatif yaitu metode yang menjelaskan dan melaksanakan perbandingan data dari hasil dua penelitian atau lebih dengan perlakuan yang berbeda. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah dalam bentuk analisis data, tabel, dan grafik.

Sedangkan, metode deskriptif yaitu sebuah metode penelitian yang dilakukan pada sekelompok manusia, objek, ide atau pemikiran, kondisi, atau sebuah kelas peristiwa di masa saat ini. Tujuan penelitian deskriptif adalah menghasilkan suatu deskripsi, hubungan antarfenomena, atau perlakuan yang diteliti.

Dari kesimpulan Whintney tahun 1960 menjelaskan, metode deskriptif ialah pencarian fakta yang mengikutsertakan interpretasi yang akurat. Metode penelitian deskriptif ini akan cocok untuk mempelajari masalah dalam masyarakat, situasi, hubungan, sikap-sikap, kegiatan-kegiatan, pandangan-pandangan, atau pengaruh-pengaruh dari sebuah fenomena tertentu.

Penerapan Metode Deskriptif

Dalam lingkungan akademik di Indonesia, metode deskriptif juga dikenal dengan metode survei. Jadi, tugas dari seorang peneliti deskriptif tidak hanya memberikan gambaran atas hasil pengamatannya, tetapi menjelaskan mengenai hubungan, menghasilkan prediksi, dan juga melakukan pengujian atas hipotesis-hipotesis.

Untuk memudahkan melakukan sebuah penelitian, peneliti harus memulainya dari penentuan tujuan penelitian yang akan diambil. Setelah itu, menentukan sejumlah unit studi agar diketahui sifat-sifat yang diamati dan mudah untuk menghubungkan proses-proses yang akan dilalui dalam penelitian.

Sebuah penelitian dilaksanakan dengan kesabaran yang tinggi, apalagi berkaitan dengan pengamatan sebuah objek secara menyeluruh. Selain itu, tanamlah semangat dalam meneliti karena sebuah kemajuan teknologi dan budaya lahir juga dari jerih payah para peneliti. Apabila ditemui kesulitan dalam menerapkan metode deskriptif komparatif ini, sebaiknya berdiskusi dengan para senior atau dosen pembimbing.

Demikianlah ulasan tentang pengertian pendekatan deskriptif komperatif menurut ahli. Semoga ulasan tersebut dapat memberikan wawasan dan bermanfaat bagi pembaca.

Loading...
Selanjutnya : Perangkat Lunak Sistem Operasi Adalah Hal yang Penting
Sebelumnya: Langkah-langkah Membuat Akun My Space
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar