Pengertian Penilaian Prestasi Peserta Didik


Bagi mereka yang berkecimpung di bidang pendidikan, informasi mengenai pengertian penilaian prestasi peserta didik perlu diketahui. Penilaian bagi sebagian peserta didik maupun wali murid ada yang belum memahami prosesnya. Ketika mendapati nilai akhir, mereka terkadang terkejut dengan hasilnya. Orangtua sebagai orang yang memiliki hak dan kewajiban atas pendidikan anak-anaknya merasa perlu mengetahui pencapaian anak-anak dalam pelajaran.

Tentang Penilaian

Apa itu penilaian? Penilaian adalah suatu proses untuk mengevaluasi, mengapresiasi, serta mengukur pencapaian siswa dalam pelajaran. Pada dasarnya, penilaian terhadap peserta didik dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, baik di kelas secara informal maupun formal, bahkan di luar kelas.

Hal yang perlu diingat adalah bahwa proses penilaian tidak dilakukan hanya pada saat ujian akhir semester saja. Namun, hasil akhir yang didapat peserta didik merupakan akumulasi dari nilai-nilai peserta didik yang telah didapat sebelumnya, baik nilai kognitif ataupun afektif.

Penilaian peserta didik sangat dibutuhkan untuk mengukur seberapa jauh siswa memahami materi. Penilaian pun akan menjadi refleksi terhadap proses ataupun metode yang digunakan saat proses pembelajaran berlangsung. Apakah suatu teknik dan metode harus diganti atau dipertahankan nanti dapat disimpulkan setelah adanya penilaian ataupun evaluasi terhadap prestasi yang didapat oleh peserta didik.

Terdapat beberapa jenis penilaian. Guru biasanya melakukan beragam cara penilaian untu kmengukur kemampuan peserta didik, entah itu formal maupun informal, entah itu formatif ataupun sumatif. Penilaian formal adalah ketika peserta didik mengerjakan soal Ujian Akhir Semester. Penilaian informal adalah misalnya guru di kelas memberi pujian ataupun saran bagi peserta didik. Hal ini biasanya tidak disadari oleh peserta didik.

Penilaian formatif termasuk di dalamnya penilaian secara informal maupun pemberian kuis pada peserta didik ketika proses pembelajaran masih berlangsung. Hal ini berbeda dengan sumatif yang dilakukan di akhir masa pembelajaran, seperti Ujian Semester ataupun Ujian Nasional. Demikian pengertian penilaian prestasi peserta didik. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kata Nasehat Jujur Mario Teguh
Sebelumnya: Strategi Menang Pileg 2014
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar