Pengertian Penyakit Cardiovaskuler


Pengertian penyakit cardiovaskuler penting untuk diketahui jika Anda peduli pada kesehatan. Penyakit kardiovaskuler adalah suatu penyakit yang menyerang jantung.

Penyakit ini adalah penyakit yang sangat berbahaya dan cara penanggulangannya pun cukup rumit. Penyakit kardiovaskuler menempati urutan pertama yang sebagai penyakit pembunuh, seperti yang terjadi di Amerika Serikat, Kanada, maupun di Australia.

Untuk menghindari penyakit ini, hendaklah ditanamkan sedini mungkin. Karena jenis penyakit ini dapat menyerang dari mulai usia anak-anak hingga orang tua. Pola makan yang tidak tertaur serta tidak sehat menjadi salah satu faktor penyebab penyakit  kardiovaskuler.

Makanan seperti fast food adalah salah satu makanan yang harus dihindari agar Anda terhindar dari penyakit yang mematikan ini. Timbunan lemak yang terdapat dalam makanan-makanan yang tidak sehat akan mengganggu kerja jantung sehingga mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah yang terdapat di jantung.

Selain dari faktor makanan, olahraga secara teratur pun dibutuhkan agar kita dapat terhindar dari penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung.

Melakukan olahraga secara teratur akan membantu tubuh mengerjakan proses metabolisme dengan baik. Sehingga, hal ini membuat lemak tidak menimbun  di dalam tubuh, khususnya di jantung. Usahakan minimal satu kali dalam satu minggu untuk melakukan olahraga.

Selain beberapa hal di atas, faktor pekerjaan maupun tekanan dalam hidup pun dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskuler. Tekanan pekerjaan ataupun stres dan depresi dapat menyebabkan organ-organ  tubuh tidak melakukan fungsinya dengan baik, dalam hal ini proses metabolisme.

Tekanan maupun stres dapat berimbas pada kerja jantung dalam memompa darah. Dengan adanya tekanan, hal ini memaksa jantung bekerja lebih keras.

Demikian sekilas tentang pengertian penyakit cardiovaskuler beserta uraian tentang faktor-faktor penyebab terjadinya, serta beberapa cara agar kita dapat menghindari penyakit pembunuh satu ini.

Semoga dapat membantu Anda untuk memahami cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit ini dan agar kita lebih sadar lagi terhadap berartinya kesehatan bagi kita. Semoga artikel ini bermanfaat. Kesehatan memang bukan segalanya, namun tanpa kesehatan segalanya tidak akan berarti.

Selanjutnya : Mengenal Kerajinan Batik Dari Jawa Tengah
Sebelumnya: Mengenal Kerajaan Padjadjaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar