Pengertian Perkembangan Keagamaan


Pengertian perkembangan keagamaan sangat penting di tengah gempuran globalisasi dan pesatnya arus informasi melalui internet yang bisa diakses dengan mudah melalui ponsel oleh anak-anak dan remaja. Perkembangan nilai-nilai keagamaan harus menjadi bagian dari proses perkembangan generasi muda untuk melindungi mereka dari berbagai pengaruh negatif.

Perkembangan Keagamaan

Perkembangan moral dan keagamaan anak sangat penting agar anak mampu membedakan hal baik dan buruk, benar dan salah, serta tindakan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Perkembangan unsur keagamaan dalam kepribadian anak lebih mudah ditumbuhkan dalam lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan, dan lingkungan masyarakat yang penuh dengan nuansa religius.

Pengertian pendidikan keagamaan tercantum dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Tujuan pendidikan adalah untuk menghasilkan peserta didik dengan perkembangan keagamaan dan akhlak yang mulia.

Pendidikan agama Islam harus ditanamkan sejak kecil, baik di rumah maupun di sekolah. Metodologi pembelajaran agama Islam yang menarik, misalnya dengan menggunakan multimedia, diperlukan untuk meningkatkan minat dan partisipasi anak dalam pelajaran agama Islam.

Tahapan perkembangan keagamaan pada anak terjadi seiring perkembangan kesadaran moralitas. Para ahli membagi perkembangan penghayatan keagamaan bagi anak, di antaranya sebagai berikut.

  • Perkembangan keagamaan masa kanak-kanak (0-7 Tahun) dengan ciri-ciri perkembangan aspek keagamaan seperti banyak bertanya tentang Tuhan, alasan melaksanakan ibadah, melakukan ritual keagamaan, dan memahami Tuhan dari sudut pandangnya.
  • Perkembangan keagamaan masa anak sekolah (7-12 Tahun) yang menunjukkan tanda peningkatan penghayatan keagamaan, seperti menerima konsep Tuhan dengan penjelasan logis dan contoh-contoh di alam semesta dan sudah diwajibkan untuk melaksanakan ibadah berikut konsekuensinya bila tidak melaksanakan ibadah tersebut.
  • Perkembangan keagamaan masa remaja (12-18 Tahun) merupakan proses pertumbuhan penghayatan keagamaan yang sangat tergantung pada lingkungan kondusif agar mendukung remaja untuk melaksanakan ajaran agama sebagai bagian dari pembentukan karakternya.

Peran orang tua sangat penting dalam pembentukan moral keagamaan seorang anak agar tercipta manusia bermoral dan religius yang menghayati agamanya. Peranan keagamaan terhadap moral anak akan menghasilkan kompetensi personal dan kompetensi sosial yang luhur untuk menjadi warga negara yang baik.

Dengan memahami pengertian perkembangan keagamaan, diharapkan para orang tua memberikan perhatian besar pada aspek keagamaan anak dan keteladanan beragama dalam proses tumbuh kembang anak. Semoga kita dianugerahi anak saleh dan berbakti pada kedua orang tua.

Selanjutnya : Cara Budidaya Jamur Barat
Sebelumnya: Cara Budidaya Ikan Guppy
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar