Pengertian Perkembangan Menurut Islam


Pengertian perkembangan menurut Islam adalah bagian dari kajian psikologi Islam yang menarik untuk dipelajari, khususnya untuk Anda yang memeluk agama Islam. Psikologi perkembangan menurut Islam secara prinsip sama dengan psikologi perkembangan versi Barat, dalam hal mempelajari proses pertumbuhan dan perubahan manusia dari kelahiran sampai kematian.

Psikologi Islam dan Modern

Perbedaan psikologi Islam dan psikologi modern adalah ruang lingkup studi psikologi Islam yang dapat memperluas kajiannya sampai dengan kehidupan transedental, yaitu kehidupan setelah mati dengan landasan berpikir yang didasarkan pada Alquran dan Hadis.

Prinsip dasar psikologi perkembangan dari perspektif Islam menjelaskan bahwa tahapan kehidupan manusia di dunia adalah proses yang bertahap dari pembuahan sampai kematian yang terjadi secara berangsur-angsur dan merupakan ketentuan Allah Swt. Seperti tercantum dalam Surat Al-Furqaan Ayat 2 dan Surat Nuh Ayat 13-14.

Tahap perkembangan manusia menurut Islam terbagi menjadi dua kategori besar, yaitu prakelahiran dan pascakelahiran, seperti tercantum dalam Surat Az-Zumar Ayat 6 dan Surat Al-Mu’min ayat 67. Perkembangan manusia dalam Islam dinyatakan memiliki ketentuan aturan dan waktu untuk mencapai tugas perkembangannya seperti tercantum dalam Surat Al-Hajj Ayat 5 dan Al-Ra’d Ayat 9.

Perkembangan manusia menurut konsep Islam mengikuti pola umum seperti yang digambarkan dalam Surat Ar-Rum Ayat 54 dan An-Nahl Ayat 70, yaitu setiap individu tumbuh dan berkembang dari keadaan lemah menuju keadaan kuat, kemudian melemah kembali yang sesuai dengan hukum alam. Hal ini terlihat sejak kelahiran bayi, menjadi anak, remaja, hingga manusia dewasa dan mencapai puncak perkembangan fisik maupun kognitif, lalu menjadi manusia lanjut usia yang akan mengalami penurunan kemampuan secara berangsur-angsur hingga kehidupannya berakhir.

Perkembangan manusia menurut ulama Islam adalah proses kumulatif dan simultan yang terkait dengan perkembangan fisik dan mental. Pertumbuhan dan perkembangan manusia menurut Alquran melampaui keberadaan fenomena dunia, di mana Alquran memproyeksikan kehidupan manusia di atas kehidupan ini dan menegaskan bahwa kehidupan saat ini adalah dasar bagi kehidupan selanjutnya yang kekal.

Perkembangan manusia dalam Alquran menyatakan terjadinya periode kritis dan sensitif dalam kehidupan sejak konsepsi/pembuahan, kelahiran, bayi, anak-anak, dan remaja, sehingga perlu selalu menyuarakan doa dan memerhatikan faktor keturunan dan lingkungan yang memengaruhi perkembangan manusia dari pandangan Islam.

Demikian informasi singkat mengenai pengertian perkembangan menurut Islam. Semoga dapat memperkaya khazanah pengetahuan serta meningkatkan keimanan kita.

Selanjutnya : Pentingnya Ceramah Agama tentang Kematian
Sebelumnya: Sekilas tentang Mitos Gunung Lawu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar