Pengertian Puisi Baru adalah Puisi yang Bebas


Siapa yang tidak mengenal puisi? Puisi merupakan karya sastra dengan kata-kata yang indah. Puisi ini sering digunakan seseorang untuk mengungkapkan perasaannya kepada orang lain.  Puisi dapat ditulis dengan cara yang bebas, tidak perlu memperhatikan aturan yang mengikatnya. Hal tersebut menjadi salah satu bentuk puisi baru.Pengertian puisi baru adalah puisi yang tidak dibentuk dengan berbagai aturan yang mengikat seperti rima, irama, dan jumlah suku kata.

Puisi sebagai karya sastra terbagi menjadi puisi lama dan puisi baru. Puisi lama berbeda dengan puisi baru. Puisi lama memiliki aturan seperti rima, jumlah baris, dan irama. Gaya bahasa yang digunakan cenderung klise dan statis. Pengarangnya pun tidak diketahui atau anonim.

Berbeda dengan puisi lama, puisi baru merupakan puisi yang tidak terikat oleh aturan-aturan atau dengan kata lain puisi tersebut bebas dari aturan. Dalam puisi baru, tidak dikenal rima dan irama. Gaya bahasa pada puisi baru ini pun berbeda dengan puisi lama yaitu cenderung dinamis atau berubah-ubah. Selain itu, puisi baru ditulis oleh pengarang yang diketahui identitasnya.

Jenis Puisi Baru

Puisi baru dibedakan menjadi dua, yaitu berdasarkan isi dan bentuknya. Berdasarkan isinya, puisi baru dibagi ke dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Balada, yaitu puisi yang isinya tentang kisah atau cerita.
2. Himne, yaitu puisi yang ditujukan kepada Tuhan, pahlawan, tanah air, atau sesuatu yang dihormati.
3. Ode, yaitu puisi yang isinya berupa sanjungan untuk orang yang telah berjasa.
4. Epigram, yaitu puisi yang isinya tentang ajaran hidup dan kehidupan.
5. Romansa, yaitu puisi yang isinya tentang perasaan cinta.
6. Elegi, yaitu puisi yang berisi tentang  kesedihan seseorang.
7. Satire, yaitu puisi yang isinya tentang kritikan atau sindiran terhadap seseorang, golongan, atau fenomena.

Berdasarkan bentuknya, puisi baru dibedakan sesuai dengan jumlah barisnya, yaitu distikon (dua seuntai), tersina (tiga seuntai), kuatrain (empat seuntai), kuint (lima seuntai), sektet (enam seuntai), septime (tujuh seuntai), stanza atau oktaf (delapan seuntai), dan soneta (empat belas seuntai). Melalui jumlah baris tersebut, puisi lama dan baru dapat dibedakan dengan jelas.

Demikianlah sekilas informasi tentang pengertian puisi baru adalah puisi yang bebas. Semoga dapat menambah wawasan Anda dalam mengapresiasi karya sastra, khususnya puisi.

Selanjutnya : Pengertian Radio Komunikasi
Sebelumnya: Membuat Puisi tentang Lingkungan Hidup
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar