Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian sejarah secara sederhana adalah kejadian dan atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lalu. Pengertian sejarah seperti ini, banyak disalah artikan dengan pengertian sempit tentang silsilah (keturunan) dan asal-usul kerajaan dan pemerintahannya. Padahal, pengertian dari sejarah secara keilmuan lebih merujuk pada pemanfaatannya atau aplikasinya dalam mempelajari peristiwa penting masa lalu yang dialami manusia. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pengetahuan sejarah yang meliputi pengetahuan tentang kejadian penting di masa lalu juga pengetahuan tentang cara pikir historis.

Definisi Sejarah Menurut Beberapa Ahli

Loading...

Para ahli sepakat bahwa sejarah memang berkaitan dengan masa lalu atau kurun waktu yang telah lewat, sedangkan syarat utama agar peristiwa masa lalu bisa menjadi sejarah adalah catatan. Pernyataan tersebut sesuai dengan pengertian yang dilontarkan oleh beberapa ahli, di antaranya sebagai berikut.

W.H. Walsh berpendapat bahwa sejarah menitikberatkan pada pencatatan yang memiliki arti penting dan berarti bagi manusia. Catatan tersebut meliputi bermacam tindakan dan pengalaman penting manusia di masa lalu hingga menyerupai catatan yang berarti.

V. Bryce menyatakan bahwa sejarah merupakan catatan dari hasil pemikiran, perkataan, dan perbuatan manusia. Pernyataan ini hampir senada dengan apa yang dikatakan Patrick Gardiner, bahwa sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang segala hal yang telah diperbuat oleh manusia.

Tokoh Indonesia, Roeslan Abdulgani memberi pernyataan tentang Ilmu Sejarah yang merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang melakukan penyelidikan dan penelitian secara sistematis dari perkembangan masyarakat juga kemanusiaan di masa lampau. Penyelidikan dan penelitian tersebut, kemudian dilakukan penilaian kritis, untuk dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan proyeksi keadaan sekarang juga arah dan proses perkembangan di masa depan.

Tentang penyelidikan dan penelitian, pendapat Roeslan Abdulgani tersebut sejalan dengan pemikiran Moh. Yamin, bahwa sejarah adalah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan baerbagai peristiwa yang bisa dibuktikan dengan kenyataan.

Poin Penting dalam Sejarah

Dari uraian tentang pengertian dan definisi sejarah di atas, bisa ditarik benang merah bahwa sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari segala hal atau peristiwa penting di masa lalu melalui metode penyelidikan dan penelitian yang dituangkan dalam bentuk catatan.

Peristiwa yang dimaksud dalam sejarah bisa digolongkan dalam beberapa poin seperti berikut.

  • Peristiwa abadi, yaitu peristiwa sejarah yang dikenang sepanjang masa dan tidak berubah-ubah.
  • Peristiwa unik, yaitu peristiwa sejarah yang hanya terjadi sekali dan tak pernah terulang untuk kedua kalinya.
  • Peristiwa penting, yaitu peristiwa sejarah yang memiliki arti dan pengaruh bagi kehidupan masyarakat luas.

Itulah ulasan seputar pengertian sejarah. Semoga bermanfaat!

Loading...
Selanjutnya : Keandalan Anti Virus Avast
Sebelumnya: Foto Jadi Kartun di Photo Shop
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar